Rudiantie, Intania (2017) Pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif (studi pada siswa kelas X administrasi perkatoran di SMK Negeri 1 Pasuruan / Intania Rudiantie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rudiantie I. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran (Studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M Kata Kunci lingkungan keluarga disiplin belajar hasil belajar Proses belajar mengajar merupakan kegiatan utama dalam dunia pendidikan. Setiap proses belajar mengajar akan memberikan dampak perubahan sebagai hasil belajarnya. Untuk mencapai keberhasilan dalam sebuah proses belajar dilihat dari hasil belajar optimal. Hasil belajar yang optimal dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya lingkungan keluarga disiplin belajar dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) lingkungan keluarga disiplin belajar dan hasil belajar siswa (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar (3) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar (4) pengaruh lingkungan keluarga dan disiplin belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. variabel bebasnya adalah lingkungan keluarga (X1) dan disiplin belajar (X2) dengan variabel terikat hsil belajar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan yang berjumlah 73 siswa. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adala skala Likert dengan lima skala ukur dimulai dari opsi sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis datanya adalah data interval. Untuk sumber data berasal dari data primer dan sekunder yang dimana data primer berasal dari responden sedangkan data sekunder berasal dari TU dan Guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas (2) uji heteroskedastisitas (3) uji multikolinearitas. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas ditunjukkan dengan penyebaran data di sekitar garis dan mengikuti garis diagonal pada grafik P-P Plot Of Regression Standardized Residual (2) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot tidak membentuk suatu pola tertentu yang teratur (3) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas. Jadi model regresi layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan keluarga dapat diklasifikasikan sangat baik disiplin belajar siswa adalah baik dan sebagian siswa memiliki hasil belajar yang kurang baik (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif administrasi perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara disiplin belajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif administrasi perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan keluarga dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif administrasi perkantoran siswa kelas X Administrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 16 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) pihak sekolah hendaknya meningkatkan penegakan kedisiplinan di sekolah sehingga tingkat kedisiplinan belajar siswa juga meningkat (2) siswa diharapkan memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang positif seperti membaca buku dan mengerjakan tugas (3) pengertian dari orang tua siswa dengan mengurangi tugas anak di rumah sehingga mereka lebih berkonsentrasi dalam belajar (4) peneliti selanjutnya yang tertarik dan menjadikan penelitian ini sebagai referensi sebaiknya melakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar selain faktor yang dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29248 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |