Pengelolaan modal kerja koperasi tani jasa tirta sendang kabupaten tulungagung / Aufia Mawardani Purwagita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengelolaan modal kerja koperasi tani jasa tirta sendang kabupaten tulungagung / Aufia Mawardani Purwagita

Purwagita, Aufia Mawardani Purwagita (2023) Pengelolaan modal kerja koperasi tani jasa tirta sendang kabupaten tulungagung / Aufia Mawardani Purwagita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Koperasi Tani Jasa Tirta merupakan koperasi jenis koperasi produsen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan modal kerja yang dilaksanakan di Koperasi Tani Jasa Tirta Sendang. Fokus penelitian adalah mengetahui makna modal kerja perencanaan modal kerja pelaksanaan modal kerja dan pengendalian modal kerja pada Koperasi Tani Jasa Tirta. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada Koperasi Tani Jasa Tirta ini disebabkan karena koperasi ini didirikan oleh petani dan kemudian saat ini mampu berkembang dengan sangat pesat sehingga memiliki 11 unit usaha. Pada penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus. Data yang didapat peneliti secara langsung melalui wawancara dokumentasi dan observasi. Tahapan riset data yaitu reduksi data penyajian data dan pemberian kesimpulan. Pengecekan keabsahan data di riset ini memakai metode triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pengelolaan modal kerja Koperasi Tani Jasa Tirta telah dilaksanakan dengan baik dan sistematis di setiap unit usahanya. Pengelolaan modal kerja dimaknai sebagai aspek modal yang mendukung kelancaran operasional usahanya. Modal kerja yang ada terdiri dari modal keuangan (uang) modal sosial (kepercayaan) modal alam (sumber daya alam). Perencanaan modal kerja berupa kas piutang dan persediaan dilaksanakan melalui rapat pertemuan rutin RAB serta serangkaian rapat lainnya. Pelaksanaan modal kerja dilakukan dengan pengelolaan unit usaha yang dijadikan satu mengembangkan unit usaha dengan memandirikan unit usaha serta mengikut sertakan masyarakat ke dalam pelaksanaan usaha. Kemudian pengawasan modal kerja dilakukan melalui kegiatan pengawasan oleh badan pengawas koperasi yang ditunjuk oleh koperasi serta melakukan pencatatan yang kemudian akan disampaikan saat Rapat Akhir Tahun koperasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292473

Actions (login required)

View Item View Item