Daniasih, Lia (2017) Implementasi model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran korespondensi (studi pada kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar) / Lia Daniasih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Daniasih L. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe and Explain (POE) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. Kata Kunci POE keterampilan menulis surat hasil belajar Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting untuk membentuk generasi muda yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghadapi kehidupan yang kompleks. Pemerintah terus berupaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan kurikulum 2013 dimana dalam penerapan kurikulum 2013 tersebut diperlukan peran guru yang profesional dan kompeten. Implementasi model pembelajaran POE diterapkan karena model pembelajaran yang diterapkan guru sebelumnya kurang bervariasi dan hasil belajar serta keterampilan menulis surat peserta didik yang kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Implementasi model pembelajaran POE pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar (2) Keterampilan menulis surat peserta didik setelah implementasi model pembelajaran POE pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar dan (3) Hasil belajar peserta didik setelah implementasi model pembelajaran POE pada mata pelajaran Korespondensi di kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik kelas X APK 3 SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana masing-masing siklus memiliki empat tahapan yakni (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan tindakan (3) Observasi dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi tes dokumentasi dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik pada implementasi model pembelajaran POE lembar penilaian keterampilan menulis surat catatan lapangan tes tertulis dan lembar penilaian hasil belajar pada ranah afektif. Untuk menganalisis butir soal posttest yang baik digunakan uji tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu (1) Data reduction (reduksi data) (2) Data display (penyajian data) dan (3) Conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Untuk mengukur keterlaksanaan implementasi model pembelajaran POE digunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik. Untuk mengukur keterampilan menulis surat peserta didik digunakan tes praktik menyusun surat. Untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif menggunakan tes sedangkan hasil belajar ranah afektif menggunakan lembar observasi hasil belajar ranah afektif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran POE pada mata pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar dapat terlaksana dengan baik dengan rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I sebesar 83 65% dan meningkat 13 18% menjadi 96 83%. Sedangkan rata-rata persentase keterlaksanaan aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 82 28% dan meningkat 14 15% menjadi 96 43% (2) Pada implementasi model pembelajaran POE keterampilan menulis surat peserta didik meningkat sebesar 5 53% dari siklus I sebesar 85 11% dan pada siklus II sebesar 90 64%. (3) Implementasi model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar ranah kognitif yang diperoleh melalui posttest memperoleh presentase keberhasilan sebesar 81 11% dan mengalami peningkatan sebesar 5 72% pada siklus II dengan presentase rata-rata sebesar 86 83%. Pada hasil belajar ranah afektif siklus I persentase keberhasilan sebesar 81% kemudian meningkat 11 28% pada siklus II menjadi 92 28%. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini yaitu (1) Implementasi model pembelajaran POE pada mata pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak model pembelajaran POE yang disusun dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (2) Implementasi model pembelajaran POE dapat meningkatkan keterampilan menulis surat peserta didik. (3) Implementasi model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka saran yang dapat diberikan yaitu (1) Guru mata pelajaran Korespondensi diharapkan dapat menerapkan model pembelajaran POE sebagai alternatif pilihan model pembelajaran agar pembelajaran yang diterapkan lebih bervariasi (2) Peserta didik disarankan agar dapat mengikuti proses pembelajaran dengan tertib memperhatikan dan melaksanakan instruksi guru dengan baik dan lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran agar dapat menyerap materi dengan lebih baik (3) Bagi peneliti selanjutnya yang akan mengimplementasikan model pembelajaran POE dapat menerapkan pada mata pelajaran sosial yang lain seperti kearsipan dan administrasi keuangan yang membutuhkan keterampilan dan pemahaman.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |