Pengaruh dimensi flow experience terhadap utilitarian value, hedonic value, dan customer satisfaction pada e-commerce di indonesia / Faiz Arkananta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dimensi flow experience terhadap utilitarian value, hedonic value, dan customer satisfaction pada e-commerce di indonesia / Faiz Arkananta

Arkananta, Faiz Arkananta (2023) Pengaruh dimensi flow experience terhadap utilitarian value, hedonic value, dan customer satisfaction pada e-commerce di indonesia / Faiz Arkananta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengalaman flow ditawarkan oleh e-commerce untuk meningkatkan nilai-nilai belanja konsumen sehingga dapat memberikan kepuasan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh flow experience terhadap utilitarian value hedonic value dan customer satisfaction pada e-commerce di Indonesia. Perceived value (PV) concentration (C) dan cognitive enjoyment (CE) merupakan tiga dimensi yang mewakili flow experience untuk menentukan bagaimana pengaruhnya terhadap nilai-nilai belanja yaitu utilitarian value (UV) dan hedonic value (HV). Kemudian nilai-nilai belanja utilitarian value (UV) dan hedonic value (HV) digunakan dalam menentukan pengaruhnya terhadap customer satisfaction (CS). Kriteria dalam penyebaran instrument penelitian adalah konsumen yang telah melakukan transaksi di e-commerce sebanyak tiga kali atau lebih. Sebanyak 156 responden diambil sebagai sampel secara acak kemudian mempergunakan SmartPLS 3.0 untuk menganalisis data. Data yang telah dianalisis menunjukkan hasil diamana tiga dimensi dari flow experience yaitu perceived value (PV) concentration (C) dan cognitive enjoyment (CE) berpengaruh positif secara signifikan terhadap utilitarian value (UV) dan hedonic value (HV) demikian juga dengan utilitarian value (UV) dan hedonic value (HV) berpengaruh secara signifikan terhadap customer satisfaction (CS). Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi konsumen dan perusahaan e-commerce untuk meningkatkan tingkat potensi dalam memberikan pengalaman flow kepada konsuemen dengan mengoptimalkan fungsi dari faktor-faktor yang mempengaruhi pengalaman flow.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292466

Actions (login required)

View Item View Item