Anwar, Nurul (2017) Pengembangan media pembelajaran e-module berbasis adobe flash untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII APK mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Nurul Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Anwar Nurul. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana Pokok Bahasan Penghapusan Sarana dan Prasarana (Studi Pada Peserta Didik Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Kata Kunci media pembelajaran E-Modul hasil belajar Adobe Flash Perkembangan teknologi informasi beberapa tahun ini cukup pesat sehingga mengubah paradigma masyarakat. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak perkembangan teknologi adalah pendidikan. Peneliti mengembangkan media pembelajaran E-Modul pada mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri dan meningkatkan pemahaman. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran E-Modul pada mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana pokok bahasan penghapusan sarana dan prasarana. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran E-Modul pada mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana pokok bahasan penghapusan sarana dan prasarana melalui hasil validasi ahli materi ahli media dan peserta didik. (3) mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik kelas sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul. (4) menghasilkan buku petunjuk penggunaan media pembelajaran E-Modul pada mata pelajaran administrasi sarana dan prasarana. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D dalam pelaksanaan metode penelitian dan pengembangan yaitu (1) Pendefinisian (Define) Perancangan (Design) Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). Hasil angket validasi ahli materi memperoleh skor 84% ahli media memperoleh skor 71 % dan uji coba kelompok kecil memperoleh 90% sehingga media E-Modul memperoleh skor 82% dinyatakan sangat valid dengan batasan 80-100%. Berdasarkan perhitungan uji t pada program SPSS dapat diketahui perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul yaitu 74 39 dan 84 94 dengan signifikansi sebesar 0 037. Sehingga media pembelajaran dapat dikatakan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu guru mata pelajaran Administrasi Sarana dan Prasarana disarankan untuk menggunakan media pembelajaran ini sebagai alternatif penunjang kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29246 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |