Pengaruh risiko terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan e-payment sebagai alat pembayaran melalui kepercayaan / Ahmad Gibral Karami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh risiko terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan e-payment sebagai alat pembayaran melalui kepercayaan / Ahmad Gibral Karami

Karami, Ahmad Gibral Karami (2022) Pengaruh risiko terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan e-payment sebagai alat pembayaran melalui kepercayaan / Ahmad Gibral Karami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan bisnis di saat ini diikuti dengan perdagangan bebas memberikan peluang bagi pelaku bisnis karena persaingan yang kompetitif dan terbuka. Cara mempertahankan pelanggan lama salah satunya dengan cara memberi kepercayaan yang baik dan positif bagi pelanggan. Kepercayaan memiliki pengertian kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana kita memiliki keyakinan padanya. Keputusan pembelian barang/jasa dapat berubah sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh pelanggan. Pengalaman yang baik saat membeli barang/jasa dapat membuat pelanggan melakukan pembelian berulang kali. Untuk menimbulkan kepercayaan pelanggan perusahaan atau pelaku bisnis harus menyiapkan strategi agar bisa bersaing dengan perusahaan kompetitor. Salah satunya perusahaan harus memberikan risiko seminimalisir mungkin. Perkembangan bisnis Digital payment di kota Malang sangat pesat salah satunya adalah OVO. Tiap e-payment memiliki keunggulan masing-masing untuk membentuk pasarnya yang membuat peneliti tertarik adalah fitur-fitur yang dimiliki OVO karena ovo memiliki sistem keamanan yang sudah teruji aman dan promo yang menguntungkan bagi penggunanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh risiko terhadap keputusan pembelian OVO 2) Pengaruh risiko tehadap kepercayaan konsumen OVO 3) Pengaruh risiko terhadap keputusan pembelian melaluki kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan (explanatory research). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik infinite population dengan jumlah 153 orang pelanggan OVO. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang merupakan data penelitian berupa angka yang berasal dari kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Risiko mempunyai pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap keputusan menggunakan e-payment produk OVO artinya risiko merupakan faktor untuk menentukan keputusan menggunakan ovo sebagai alat pembayaran 2) Risiko mempunyai pengaruh secara langsung dan signifikan terhadap Kepercayaan konsumen OVO artinya risiko merupakan faktor untuk membentuk kepercayaan konsumen OVO 3) Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan menggunakan e-payment produk OVO artinya kepercayaan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan penggunaan produk OVO 4) Risiko secara tidak langsung memberikan pengaruh terhadap keputusan menggunakan e-payment melalui kepercayaan konsumen OVO artinya risiko yang ditampilkan oleh OVO dapat menimbulkan keputusan pembelian yang dilakukan konsumen sehingga timbul kepercayaan konsumen yang telah melewati pengalaman positif tersebut. Saran pada penelitian ini bagi OVO hendaknya untuk meningkatkan pelayanan terhadap keparcayaan konsumen. Dan bagi penelitian selanjutnya penelitian ini menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya yang terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan dan dampaknya pada pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292452

Actions (login required)

View Item View Item