Pengaruh store atmosphere terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada pelanggan coffee shop lafayette) / Kristian Adi Krishna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh store atmosphere terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada pelanggan coffee shop lafayette) / Kristian Adi Krishna

Krishna, Kristian Adi Krishna (2022) Pengaruh store atmosphere terhadap repurchase intention melalui brand image (studi pada pelanggan coffee shop lafayette) / Kristian Adi Krishna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan bisnis di saat ini diikuti dengan perdagangan bebas memberikan peluang bagi pelaku bisnis karena persaingan yang kompetitif dan terbuka. Cara mempertahankan pelanggan lama salah satunya dengan cara memberi brand image yang baik dan positif bagi pelanggan. brand image memiliki pengertian sebagai suatu pandangan atau persepsi masyarakat terhadap nama produk atau nama toko yang dapat memengaruhi pelanggan dalam membeli barang. Keputusan membeli barang dapat berubah sesuai dengan pengalaman yang dialami oleh pelanggan. Pengalaman yang baik saat membeli barang dapat membuat pelanggan melakukan pembelian berulang kali atau mempunyai niat beli ulang. Untuk menimbulkan niat beli ulang pelanggan perusahaan atau pelaku bisnis harus menyiapkan strategi agar bisa bersaing dengan perusahaan kompetitor. Salah satunya perusahaan harus memberikan store atmosphere yang baik untuk pelanggannya. Perkembangan bisnis kuliner di kota Malang sangat pesat salah satunya adalah bisnis coffee shop. Tiap coffee shop memiliki ciri khas masing-masing untuk membentuk suatu pasarnya. Yang membuat peneliti tertarik adalah coffee shop Lafayette. Karena Lafayette mempunyai outlet yang unik instagramable dan nyaman. Lafayette tiap harinya ramai dengan pembeli yang bercengkerama di tempat duduk yang indoor semi outdoor maupun take away. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh Store Atmosphere terhadap Brand Image pada Coffee Shop Lafayette 2) pengaruh Store Atmosphere dan Brand Image terhadap Repurchase Intention pada Coffee Shop Lafayette dan 3) pengaruh tidak langsung Store Atmosphere terhadap Repurchase Intention melalui Brand Image Coffee Shop Lafayette. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 160 orang pelanggan Lafayette Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang merupakan data penelitian berupa angka yang berasal dari kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Store Atmosphere terhadap Brand Image pada pelanggan Lafayette artinya Store atmosphere yang ditampilkan oleh Lafayette dapat membentuk first impression yang positif dari pelanggan yang datang ke Lafayette 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Store Atmosphere terhadap Repurchase Intention pada pelanggan Lafayette artinya Store atmosphere merupakan salah satu faktor penting bagi Lafayette untuk membuat atmosfer Caffe menjadi yang terbaik di mata konsumen agar dapat menimbulkan niat beli ulang oleh konsumen 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Brand Image terhadap Repurchase Intention pada pelanggan Lafayette artinya Brand Image yang merupakan sebuah persepsi konsumen kedai dan pengalaman yang telah miliki sebelumnya dapat memberikan pengaruh terhadap niat pelanggan untuk datang kembali ke Lafayettei dan 4) Terdapat pengaruh secara tidak langsung positif dan signifikan Store Atmosphere terhadap Repurchase Intention melalui Brand Image pada pelanggan Lafayette artinya first impression yang ditampilkan oleh kedai Lafayette dapat menimbulkan persepsi yang kuat dari konsumen sehingga memicu timbulnya niat beli ulang konsumen yang telah melewati pengalaman positif tersebut. Saran pada penelitian ini bagi Lafayette hendaknya untuk lebih dapat meningkatkan kenyamanan pelanggannya terutama warna dinding pencahayaan dan aroma kedai sehingga menyebabkan suasana dalam toko lebih nyaman lagi. Dan bagi penelitian selanjutnya penelitian ini menjadi acuan bagi peneliti selanjutnya yang terkait dengan faktor-faktor yang mempengaruhi repurchase intention dan dampaknya pada pembelian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292451

Actions (login required)

View Item View Item