Adelia (2023) Pengaruh financial knowledge dan spending habits terhadap keputusan penggunaan fitur shopee paylater pada generasi z di kota malang / Adelia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perkembangan teknologi memberikan pengaruh terhadap perkembangan metode pembayaran non-tunai. Penyedia layanan keuangan turut berinovasi untuk mengikuti perkembangan salah satunya dengan adanya fitur paylater. Kemudahan pembayaran digital melalui paylater tentu dapat menjadi bumerang terhadap pola konsumsi dan keputusan penggunaan fitur yang tidak bijak jika tidak dibekali dengan pengetahuan keuangan yang baik. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial knowledge dan spending habits terhadap keputusan penggunaan fitur Shopee Paylater. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden yang merupakan gen z yakni yang lahir pada tahun 1997 hingga 2004 dan merupakan pengguna Shopee Paylater yang tersebar di Kota Malang. Purposive sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Dalam studi ini skala likert digunakan sebagai pengukuran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan diolah dengan SPSS. Dalam studi ini menunjukkan bahwa financial knowledge memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap keputusan penggunaan fitur Shopee Paylater sedangkan spending habits berpengaruh positif terhadap keputusan penggunaan fitur Shopee Paylater. Namun secara simultan financial knowledge dan spending habits mempengaruhi keputusan penggunaan fitur Shopee Paylater.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 04:29 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 06:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/292450 |
Actions (login required)
View Item |