Indayani, Nofia (2017) Implementasi pembelajaran kooperatif model two stay two stray untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar (studi pada peserta didik kelas X APK di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan) / Nofia Indayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Indayani Nofia. 2017. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan). Skripsi. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si Kata Kunci Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Motivasi Hasil Belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan sebagian besar guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga menyebabkan kurangnya interaksi antara guru dengan Peserta Didik yang menjadikan Peserta Didik pasif dan pada saat diskusi atau presentasi Peserta Didik hanya menggantungkan pada perseorangan. Hal ini pula yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar Peserta Didik banyak Peserta Didik yang belum memahami materi yang disampaikan guru karena Peserta Didik cenderung mengalihkan perhatiannya ke hal yang lain dan tidak memperhatikan pada saat guru menjelaskan. Dengan melihat permasalahan yang terjadi maka peneliti menerapkan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (2) Peningkatan motivasi belajar Peserta Didik (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik. Subyek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas X APK di SMK Muhammadiyah 1 Lamongan yang terdiri dari 31 peserta didik. Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat diterapkan dengan sangat baik dan mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 93% dan siklus II sebesar 97% (2) Hasil peningkatan motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 59 74% meningkat menjadi 76 84% pada siklus II (3) Hasil belajar peserta didik pre-test siklus I adalah 58 06 dan nilai rata-rata post-test siklus I 85. Meningkat pada siklus II yaitu nilai pre-test adalah 59 83 dan nilai rata-rata post-test siklus II adalah 88 22. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh kesimpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray terbukti dapat meningkatkan motivasi peserta didik dan hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran diharapkan untuk menggunakan model pembelajaran yang bervariasi (2) Bagi Peserta Didik dengan pembelajaran yang bervariasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan perbaikan dan kekurangan dalam penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29245 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |