Asti, Anggun Puji (2017) Pengembangan media pembelajaran administrasi kepegawaian dengan menggunakan adobe flash CS6 untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI APK SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto) / Anggun Puji Asti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Asti A.P. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Administrasi Kepegawaian dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI APK SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Arief M.Si Kata kunci Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Hasil Belajar Media Pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran. Pemakaian media dalam proses belajar mengajar dapat merangsang perhatian minat pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Penggunaan media pembelajaran pada kegiatan pembelajaran Administrasi Kepegawaian pada kelas XI APK di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto kurang maksimal. Akibatnya suasana belajar menjadi menoton dan membosankan sehingga siswa cenderung cepat jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan melalui uji validasi (3) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development adaptasi pengembangan milik Borg and Gall. Berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi peneliti terdapat langkah-langkah sebagai berikut 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan draf produk 4) uji coba lapangan awal 5) revisi produk utama 6) uji coba lapangan 7) revisi produk operasional 8) uji pelaksanaan lapangan. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari pedoman wawancara lembar validasi dan kuesioner lembar observasi dan tes. Subjek pada penelitian ini yaitu validator ahli materi dari guru produktif adminitrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Sooko dan validator media dari Dosen Manajemen Universitas Negeri Malang. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas XI APK 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa dan XI APK 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa. Hasil validasi oleh ahli materi mencapai 81 11% yang menyatakan media pembelajaran cukup valid/dapat digunakan dengan revisi terlebih dahulu untuk hasil validasi oleh ahli media mencapai 84 44% yang menyatakan media pembelajaran cukup valid/dapat digunakan dengan revisi terlebih dahulu sedangkan untuk hasil kuesioner pengguna media dari siswa kelompok terbatas mencapai 89% yang menyatakan media pembelajaran sangat baik. Hasil uji coba dilakukan pada dua kelas yaitu kelas XI APK 1 sebagai kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas sebesar 80 dengan ketuntasan hasil sebesar 79% dan kelas XI APK 2 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas sebesar 83 dengan ketuntasan hasil belajar 88% selisih skor tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar siswa. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 (2) hasil validasi ahli materi memiliki kriteria cukup valid hasil validasi ahli media memiliki kriteria cukup valid dan kuesioner bagi pengguna media memiliki kriteria sangat baik dan (3) berdasarkan perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan menggunakan media dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan media ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Ada beberapa saran dari peneliti yaitu 1) saran pemanfaatan Media pembelajaran Administrasi Kepegawaian dapat dijadikan referensi guru untuk mendukung kegiatan pembelajaran di kelas ketika menggunakan media pengguna disarankan untuk memahami petunjuk penggunaan media pembelajaran penggunaan media pembelajaran Administrasi Kepegawaian hendaknya tidak lepas dari pantauan dan bimbingan guru 2) saran diseminasi yaitu dengan mensosialisasikan media ini pada forum MGMP yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru 3) saran pengembang produk lebih lanjut diharapkan tidak hanya terfokus pada satu ranah saja yaitu ranah kognitif pengembangan produk yang akan datang hendaknya dapat membuat produk dengan materi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |