Uji kualitas air sungai universitas negeri malang menggunakan metode most probable number / Ely Kristiani - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji kualitas air sungai universitas negeri malang menggunakan metode most probable number / Ely Kristiani

Kristiani, Ely Kristiani (2023) Uji kualitas air sungai universitas negeri malang menggunakan metode most probable number / Ely Kristiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Air adalah salah satu kebutuhan pokok berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kumpulan air di permukaan bumi yaitu sungai yang sering dicemari oleh aktivitas antropogenik. Pada penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis cemaran bakteri pada air sungai Universitas Negeri Malang. (2) memperkirakan tingkat pencemaran pada air sungai Universitas Negeri Malang. Pada penelitian ini menggunakan metode Most Probable Number (MPN) dengan tes pendugaan menggunakan media Kaldu Laktosa (KL) tes penegasan menggunakan media Brilliant Green Lactose Bile Broth (BGLB) dan tes kepastian menggunakan media Mac Conkey Agar (MCA). Hasil yang didapatkan yaitu semua titik dan serial pengenceran memiliki nilai MPN yang sama yaitu gt 2400 MPN/100ml. Berdasarkan Permenkes Nomor 2 Tahun 2023 tentang kesehatan lingkungan menyatakan parameter air untuk keperluan hygiene dan sanitasi memiliki nilai untuk E. coli dan total koliform sebesar 0 CFU/ml. Berdasarkan Permen LHK No. 68 Tahun 2016 menyatakan kadar maksimum total koliform untuk air limbah domestik adalah 3000 MPN/100 ml. Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 menyatakan nilai maksimal koliform fekal untuk air kelas 4 sebesar 2000 MPN/100ml. Air kelas 4 adalah air yang dapat digunakan untuk mengairi pertanaman. Sehingga Air sungai Universitas Negeri Malang mengandung air limbah domestik yang nilai MPN koliform fekalnya melebihi nilai maksimal air kelas 4 dan tidak dapat digunakan sebagai air untuk keperluan hygiene dan sanitasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292410

Actions (login required)

View Item View Item