Pengembangan modul otomatisasi perkantoran berbasis explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Azizah Nurlaili - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul otomatisasi perkantoran berbasis explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Azizah Nurlaili

Nurlaili, Azizah (2017) Pengembangan modul otomatisasi perkantoran berbasis explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Azizah Nurlaili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurlaili Azizah. 2016. Pengembangan Modul Otomatisasi Perkantoran Berbasis Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci modul explicit instruction hasil belajar Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar yang digunakan untuk menunjang proses belajar mengajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran materi Microsoft Powerpoint di SMK PGRI 6 Malang. Sehingga siswa maupun guru pengajar merasa kesulitan untuk mengakses materi-materi sesuai dengan silabus. Adapun karakteristik siswa yang juga menjadi pertimbangan permasalahan yang menyebabkan hasil belajar siswa di kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran cukup rendah. Atas dasar pertimbangan tersebut diperlukan pengembangan bahan ajar berupa modul mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran materi Microsoft Powerpoint. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan bahan ajar berbentuk modul menggunakan basis Explicit Instruction sebagai pedoman pengajaran pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kompetensi dasar Cara Mengoperasikan Microsoft Powerpoint 2) Mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar modul Microsoft Powerpoint basis Explicit Instruction dan sesudah menggunakan bahan ajar modul Microsoft Powerpoint basis Explicit Instruction. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Borg and Gall (Sugiyono 2010 407) yang telah dimodifikasi menjadi 7 langkah yaitu (1) Research and Planning (2) Develop Form of Product (3) Preliminary Field Testing (4) Main Product Revision (5) Main Field Testing (6) Operational Field Testing dan (7) Final Product Revision. Validasi dilakukan oleh satu orang dosen jurusan manajemen program studi Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai validator modul satu orang guru program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang sebagai validator materi dan sembilan siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI 6 Malang sebagai validator user. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibedakan menjadi empat aspek yaitu (1) Aspek kelayakan isi (2) Aspek kelayakan penyajian (3) Aspek kelayakan bahasa dan (4) Aspek kelayakan kegrafikan. Berdasarkan penilaian keempat aspek tersebut dikategorikan valid. Modul ini efektif digunakan sebagai bahan ajar ditinjau dari perbedaan rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul yaitu 66 32 dan 79 85. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran untuk memanfaatkan modul dengan basis explicit instruction ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran Otomatisasi Perkantoran khususnya materi pokok Microsoft Powerpoint (2) Bagi siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK PGRI 6 Malang untuk memanfaatkan dan mempelajari modul dengan basis explicit instruction secara bertahap dan teratur. ABSTRACT Nurlaili Azizah. 2016. Development of Office Automation Module Explicit Instruction Based on Enhance Students Learning Outcomes (Studies for Grade 10th Office Administration SMK PGRI 6 Malang). Essay. Study Program Office Administration. Department of Management. Faculty of Economics. University of Malang. Supervisor Drs.H. Mohammad Arief M.Si. Keywords module explicit instruction learning outcomes This development research is based on the lack of teaching materials used to support teaching and learning process on the subject of Microsoft Powerpoint Office Automation materials in SMK PGRI 6 Malang. Thus students and teachers find it difficult to access materials in accordance with the syllabus. The characteristics of students also being a consideration of the problems that cause student learning outcomes in class X Office Administration Expertise Program is quite low. On the basis of these considerations required the development of teaching materials in the form of subject modules Office Automation Microsoft Powerpoint materials. The objectives of this research are (1) Generating instructional materials in the form of modules using Explicit Instruction basis as instructional guides on subjects Automation Office Basic competence on How to Operate Microsoft Powerpoint 2) Knowing the feasibility of modules that have been developed through validation results and (3) Knowing the difference of student learning outcomes before using the teaching materials module Microsoft Powerpoint base Explicit Instruction and after using the instructional materials module Microsoft Powerpoint base Explicit Instruction. The research method used is Borg and Gall (Sugiyono 2010 407) which has been modified into 7 steps (1) Research and Planning (2) Develop Form of Product (3) Preliminary Field Testing (4) Main Product Revision (5) Main Field Testing (6) Operational Field Testing and (7) Final Product Revision. Validation is done by one lecturer majoring in management study program of Administration of State University of Malang as validator of module one of teacher program of administration skill of SMK PGRI 6 Malang as material validator and nine students of class X Office Administration SMK PGRI 6 Malang as user validator. The data analysis and presentation in this study are divided into four aspects namely (1) the feasibility aspect of the content (2) the feasibility aspect of the presentation (3) the language feasibility aspect and (4) the feasibility aspect of kegrafikan. Based on the assessment of these four aspects are categorized valid. This module is effectively used as teaching material in terms of difference of mean of student learning result before and after using module that is 66 32 and 79 85. Based on the results of this study the researcher suggests (1) For the subject teachers of Office Automation to utilize the module with explicit instruction base as an alternative to learning Office Automation especially the main subject of Microsoft Powerpoint (2) For the students of X Class Administration Office 2 SMK PGRI 6 Malang to utilize and study modules with explicit instruction base gradually and regularly.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29241

Actions (login required)

View Item View Item