Ekspresi gen mta3 pada pasien colorectal cancer liver metastasis / Eka Nurkhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Ekspresi gen mta3 pada pasien colorectal cancer liver metastasis / Eka Nurkhayati

Nurkhayati, Eka (2023) Ekspresi gen mta3 pada pasien colorectal cancer liver metastasis / Eka Nurkhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Colorectal cancer (CRC) menempatkan prevalensi sebesar 10% dari 19 3 juta kasus seluruh kanker dengan jumlah kematian sebanyak 953.000 kematian (Sung et al. 2021). Angka mortalitas tersebut diperkirakan akan terus meningkat hingga 71 5% yang disebabkan oleh salah satu faktor yaitu banyaknya pasien mengembangkan colorectal liver metastasis (CLM) (Sawicki et al. 2021) (Yu et al. 2020). Metastasis erat kaitanya dengan epithelial-to-mesenchymal (EMT) dan salah satu gen yang berperan didalamnya adalah MTA3 (Du et al. 2017). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ekspresi gen MTA3 pada CRC yang telah bermetastasis ke hati. Metode yang dipilih yaitu analisis deskriptif pendekatan kuantitatif dari hasil Reverse Transcription-quantitative Polymerase Chain Reaction (RT-qPCR). Hasil penelitian tingkat ekspresi gen MTA3 yang disajikan berdasarkan baseline pasien meliputi usia pasien stadium kanker pasien dan gender pasien terukur tinggi menghasilkan ekspresi gen MTA3 terukur tinggi pada kelompok usia 55-60 tahun. Ekspresi gen MTA3 juga terukur tinggi pada kelompok stadium IVC dan pasien perempuan serta memiliki pola yang bertolak belakang dengan hasil pemeriksaan CEA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 05 Dec 2023 06:59
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292391

Actions (login required)

View Item View Item