Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK Tunas Bangsa Kota Malang / Ruben Bagaskara Aritonang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK Tunas Bangsa Kota Malang / Ruben Bagaskara Aritonang

Aritonang, Ruben Bagaskara (2017) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru di SMK Tunas Bangsa Kota Malang / Ruben Bagaskara Aritonang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aritonang Ruben Bagaskara. 2017. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Tunas Bangsa Kota Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Prof. Dr. F. Danardana Muwarni M.M. Kata kunci gaya kepemimpinan kepala sekolah lingkungan kerja kinerja guru. Kinerja guru dipengaruhi oleh banyak hal baik berasal dari dalam diri guru tersebut maupun dari luar diri guru antara lain gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja. Tujuan penelitian (1) Deskripsi gaya kepemimpinan kepala sekolah lingkungan kerja dan kinerja guru (2) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara parsial terhadap kinerja guru (3) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja secara simultan terhadap kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) lingkungan kerja (X2) dan variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Populasi pada penelitian ini adalah guru di SMK Tunas Bangsa dengan jumlah 32 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Kuesioner (2) Dokumentasi dan (3) Wawancara. Uji kelayakan instrument dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji kolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa (1) Kinerja guru diklasifikasikan baik (2) Gaya kepemimpinan diklasifikasikan cukup baik (3) Lingkungan kerja diklasifikasikan cukup baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual (2) Model regresi tidak terjadi kolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 10 dan mempunyai angka Tolerance 0 10 (3) Model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan emnyebar secara acak di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (2) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 193 artinya sumbangan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 19 3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Peneliti menyarankan (1) Dalam upaya meningkatkan kinerja guru diharapkan pihak sekolah melalui kepala sekolah sebaiknya menambahkan alat bantu ajar untuk guru di setiap kelasnya dan alat peraga untuk ruang inklusi agar kinerja yang dihasilkan guru bisa ditingkatkan lagi. Selain itu lebih mencari tahu apa yang para guru inginkan dan membantu untuk mendapatkannya. (2) Bagi guru Guru sebaiknya meningkatkan kembali kinerjanya khususnya kepada anak yang berkebutuhan khusus karena SMK Tunas Bangsa adalah sekolah yang memberikan kesempatan yang sama dengan anak-anak yang lain. Selain itu sebaiknya guru lebih berpartisipasi aktif lagi dalam rapat kerja dan mampu melakukan pekerjaan dengan lebih baik lagi (3) Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu dalam hal penilaian variabel kinerja guru. Pada penelitian selanjutnya sebaiknya peneliti perlu lebih objektif lagi dalam penilaian variabel kinerja guru yaitu pemeberian penilaian adalah atasan langsung atau dalam penelitian ini adalah kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29239

Actions (login required)

View Item View Item