Mustantiah, Ratih (2017) Pengembangan modul bekerjasama dengan kolega dan pelanggan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 2 Kediri) / Ratih Mustantiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mustantiah R. 2017. Pengembangan Modul Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata kunci modul pembelajaran hasil belajar siswa. Pendidikan merupakan unsur yang penting dalam pembentukan bangsa yang berkualitas dan sebagai tolak ukur yang menunjukkan kemajuan suatu bangsa. Untuk mewujudkan pendidikan yang baik maka perlu memperbaiki sistem pengajaran salah satunya dengan menggunakan bahan ajar yang relevan dan sesuai dengan perkembangan zaman. Namun pada kenyataannya masih ada kendala mengenai kurang ketersediaan bahan ajar yang digunakan oleh siswa. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti pada tanggal 1 November 2016 guru Mata Pelajaran Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan SMK Negeri 2 Kediri menjelaskan belum buku atau modul bahan ajar untuk siswa yang inovatif. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berupa Modul Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2) mengetahui kelayakan Modul Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan melalui hasil validasi dan 3) mengetahui perbedaan hasil belajar melalui post test dan praktik antara kelas eksperimen yang menggunakan modul dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Rancangan penelitian ini merupakan modifikasi penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang telah disesuaikan dengan keterbatasan waktu dan biaya peneliti menjadi enam langkah penelitian yaitu 1) penelitian dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan draf produk 4) uji coba lapangan awal 5) revisi produk dan 6) uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa pedoman wawancara lembar validasi kuesioner lembar observasi dan tes. Validator dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu satu orang dosen Universitas Negeri Malang dan satu orang guru Administrasi Perkantoran sebagai validator ahli materi dan satu orang dosen Universitas Negeri Malang sebagai validator ahli modul. Uji coba lapangan pada kelompok kecil dilakukan oleh enam siswa kelas X APK 4 sebagai pengguna modul. Uji coba soal post test dilakukan peneliti pada kelas XI APK 2. Uji coba lapangan pada kelompok besar dilakukan pada kelas X APK 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X APK 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa Modul Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan untuk mengetahui kelayakan modul perlu melalui validasi dari ahli materi dan ahli modul. Hasil validasi dua ahli materi mendapat skor rata-rata 93 33% yang artinya memiliki kriteria sangat valid namun perlu adanya revisi yang meliputi pemberian poin-poin pada materi pembelajaran dan penambahan peta konsep pada setiap kegiatan belajar. Sedangkan hasil dari validasi ahli modul mendapatkan skor 78 67% yang artinya memiliki kriteria kurang valid atau dapat digunakan dengan revisi yang meliputi perbaikan variasi font dan ukuran font yang ada dalam modul. Selanjutnya modul diujicobakan pada kelompok kecil yaitu pengguna modul skor rata-rata keseluruhan 88 5% yang artinya modul tersebut sangat baik dan modul dirasa mudah untuk dipahami oleh pengguna modul. Uji coba soal berupa 50 butir soal post test yang dilakukan peneliti hanya 30 butir soal yang layak berdasarkan tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Tahap uji coba lapangan pada kelompok besar diketahui skor rata-rata hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen adalah 85 dengan ketuntasan 100% sedangkan kelas kontrol 80 dengan ketuntasan 100% selisih skor tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian hasil belajar ranah psikomotorik kelas eksperimen mendapat skor rata-rata 81 dengan ketuntasan 95% sedangkan kelas kontrol mendapat skor 78 dengan ketuntasan 92% selisih skor tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar membuat siswa lebih mampu dalam mempersiapkan dan melatih psikomotoriknya sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) mengembangkan bahan ajar berupa Modul Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan 2) hasil validasi ahli materi memiliki kriteria sangat valid hasil validasi ahli modul memiliki kriteria cukup valid dan kuesioner bagi pengguna modul memiliki kriteria sangat bagus atau modul dirasa mudah dipahami oleh pengguna modul dan 3) berdasarkan perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pembelajaran dengan menggunakan modul ini dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Ada beberapa saran dari peneliti yaitu 1) saran pemanfaatan Modul Bekerjasama dengan Kolega dan Pelanggan ini dengan membaca petunjuk penggunaan modul terlebih dahulu guru dapat mendampingi siswa selama menggunakan modul dan modul dapat digunakan untuk belajar mandiri oleh siswa 2) saran diseminasi yaitu dengan mensosialisasikan modul ini pada forum MGMP yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan 3) saran untuk penelitian dan pengembangan produk lebih lanjut perlu memperhatikan kurikulum yang terbaru melengkapi ranah hasil belajar yang dinilai dan memperhatikan jumlah validator agar saran yang diberikan nantinya dapat saling melengkapi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Aug 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29238 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |