Pengembangan modul otomatisasi perkantoran materi microsoft publisher dengan metode scientific approach untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Pagak) / Deta Viola Sezha - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul otomatisasi perkantoran materi microsoft publisher dengan metode scientific approach untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Pagak) / Deta Viola Sezha

Sezha, Deta Viola (2017) Pengembangan modul otomatisasi perkantoran materi microsoft publisher dengan metode scientific approach untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Pagak) / Deta Viola Sezha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sezha Deta Viola. 2017. Pengembangan Modul Otomatisasi Perkantoran Materi Microsoft Publisher 2010 Dengan Metode Scientific Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Pagak). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Modul Pembelajaran Otomatisasi perkantoran Metode Scientific Approach hasil belajar Penelitian ini didasari oleh belum adanya bahan ajar dengan Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran sehingga belum dapat membantu siswa untuk lebih berfikir secara kritis dan mandiri. Kenyataan dilapangan guru mengalami permasalahan terkait dengan hasil belajar siswa yang kurang maksimal karena ketersediaan bahan ajar untuk siswa tidak memadai sehingga selama proses pembelajaran guru menyusun dan menghimpun sendiri materi ajar melalui internet. Sedangkan pada praktiknya pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran materi pengoperasikan mocrosoft publisher siswa dituntut harus mampu mengoperasikan mocrosoft publisher. Hasil belajar siswa pun juga masih kurang. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah terbatasnya bahan ajar yang disusun secara khusus untuk meningkatkan daya serap siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Pendekatan scientific approach dapat membantu siswa maupun guru dalam meningkatkan dan mengoptimalkan kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan modul pembelajaran mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dengan kompetensi dasar Pengoperasian Microsoft Publisher dengan metode Scientific Approach untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak) 2) Untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli modul ahli materi dan siswa 3) Untuk mengetahui keefektifan modul melalui hasil belajar siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model peneltian dan pengembangan yang diadaptasi dari Borg and Gall melalui 9 langkah penelitian. Validasi modul dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan manajemen progam studi administrasi perkantoran 1 orang guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran sebagai ahli materi dan 6 siswa X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak. Sajian dan analisis data pada penelitian ini dibagi dari hasil angket ahli materi yang memperoleh 92% masuk dalam kriteria Sangat valid angket ahli modul yang memperoleh 91% masuk dalam kriteria sangat valid dan angket dari siswa yang memperoleh 91% masuk dalam kriteria sangat valid. Efektivitas produk diperoleh dari data rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat dari perbandingan rata-rata hasil belajar kelas yang tidak menggunakan modul 77 63 dan rata-rata hasil belajar kelas yang yang menggunakan modul 83 63. Saran bagi siswa modul ini dapat dijadikan pedoman dan refrensi pada mata pelajaran otomatisai perkantoran materi Microsoft Publisher. Guru disarankan menggunakan modul pegangan ini dalam proses pembelajaran. Karena guru tidak lagi menjelaskan materi tetapi bertindak sebagai fasilitator yang membimbing siswa dan juga dapat membantu siswa bila mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Oleh sebab itu guru diharapkan dapat menguasai materi yang dikembangkan dalam modul ini. ABSTRACT Sezha Deta Viola. 2017. The Development of Office Automation Module of Microsoft Publisher 2010 Material With Scientific Approach Method To Increase Learing Outcomes (Study of X Grade of Office Administration at State Vocational High School Muhammadiyah 2 Pagak). Sarjana s thesis Management Department Study Program S1 Office Administration Education Faculty of Economics State University of Malang. Supervisor Drs. I Nyoman Suputra M.Si Keywords Learning Module Office Automation Scientific Approach Method Learning Outcomes This research is based on the absence of teaching materials with Office Automation Subjects that have not been able to help students to think more critically and independently. Teachers reality is experiencing problems related to student learning outcomes that are less than the maximum because of the availability of teaching materials for students is not adequate so that during the learning process teachers prepare and collect their own teaching materials through the internet. While in practice on the subject of office automation mocrosoft publisher operating material students are required to be able to operate mocrosoft publisher. Student learning outcomes are also lacking. One of the causes of low student learning outcomes is the limited teaching materials that are specifically designed to increase students absorptive capacity so as to improve learning outcomes. Scientific approach can help students and teachers in improving and optimizing learning activities. The purpose of this research is 1) Produce learning module of Office Automation subjects with basic competence Operation of Microsoft Publisher with Scientific Approach method to improve learning result (study on student X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak) 2) To know the eligibility of module which have been developed through result Validation of module experts material experts and students 3) To know the effectiveness of the module through the learning outcomes of class X Students of Office Administration at SMK Muhammadiyah 2 Pagak. In this study researchers used a research and development model adapted from Borg and Gall through 9 research steps. Module validation is done by 1 lecturer majoring in management of office administration study program 1 subject teachers Office Automation as material expert and 6 students X APK SMK Muhammadiyah 2 Pagak. The data presented in this study is divided from the results of the material expert questionnaire which received 92% entry in the criterion. Very valid the module expert questionnaire which received 91% entry in the criterion is very valid and the questionnaire of the students who get 91% enter the criterion is very valid. The effectiveness of the product is derived from the average data of student learning outcomes that increase from the average comparison of class learning outcomes that do not use the module 77.63 and the average class learning outcomes that use the 83.63 module. Suggestions for students this module can be used as guidance and refrensi on subjects automatic office Microsoft Publisher material. Teachers are encouraged to use this handling module in the learning process. Because the teacher no longer explains the material but acts as a facilitator who guides the students and also can help the students when having difficulty in the learning process. Therefore teachers are expected to master the material developed in this module.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29236

Actions (login required)

View Item View Item