Efektivitas mikroba aerob dalam pengolahan limbah cair tambak udang prigi trenggalek / AULIA AMARA ASHA - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas mikroba aerob dalam pengolahan limbah cair tambak udang prigi trenggalek / AULIA AMARA ASHA

Asha, Aulia Amara Asha (2023) Efektivitas mikroba aerob dalam pengolahan limbah cair tambak udang prigi trenggalek / AULIA AMARA ASHA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan di Indonesia. Hal ini meningkatkan kegiatan budidaya udang dan diikuti dengan bertambahnya limbah yang dihasilkan. Limbah ini terdiri dari feses sisa pakan dan urin yang mengandung bahan organik dan nutrien yang dapat mencemari lingkungan. Pengolahan metode biologi aerob menjadi sebuah pilihan karena biaya operasi yang murah prosesnya yang sederhana dan ramah lingkungan. Oleh karena itu metode ini sangat cocok diterapkan pada salah satu usaha tambak udang yang belum memiliki pengolahan limbah di Prigi Trenggalek. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode aerob dalam mendegradasi limbah tambak udang (LTU) dengan parameter protein karbohidrat COD amonia TSS dan TDS serta bakteri aerob sebagai biosorpsi logam berat Pb dan Fe pada LTU di prigi trenggalek. Tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) pengambilan sampel (2) karakterisasi sampel (3) pembuatan starter bakteri aerob (4) pengolahan metode aerob dengan sistem batch (5) pengujian kadar parameter pencemar dan logam berat Pb dan Fe pada beberapa sampel tretament. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa performa terbaik metode aerob berada pada fase 8 dengan pengenceran substrat menjadi 8X. Pada fase ini performa rata-rata metode aerob dalam mereduksi kadar Protein karbohidrat COD amonia TDS dan TSS secara berturut-turut yaitu 94 22% 98 20% 96 24% 99 15% 94 24% dan 99 4% serta logam berat Pb dan Fe dapat teradsorpsi secara berturut-turut menjadi 0 dan 0 0052 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292339

Actions (login required)

View Item View Item