Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kearsipan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Bella Ayu Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kearsipan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Bella Ayu Damayanti

Damayanti, Bella Ayu (2017) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran kearsipan pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Bella Ayu Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Damayanti B.A. 2017. Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kearsipan pada Peserta Didik Kelas X Administrasi Perkantoran 3 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci metode demonstrasi aktivitas belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman sebagai guru KPL di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung serta wawancara yang peneliti lakukan dengan guru mata pelajaran kearsipan diperoleh informasi bahwa (1) peserta didik cenderung pasif dan mudah jenuh pada saat kegiatan pembelajaran (2) peserta didik kurang partisipasif saat melakukan diskusi kelompok dan (3) nilai peserta didik masih ada yang di bawah Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) yaitu 75. Proses pembelajaran tidak hanya proses memberikan informasi tetapi juga harus didukung dengan adanya kegiatan praktik dan memberi peserta didik kesempatan untuk melakukan praktik secara langsung. Indikator pencapaian pada kompetensi dasar Pengurusan Surat Masuk dan Keluar Sistem Agenda dan Sistem Kartu Kendali adalah peserta didik mampu melakukan pengurusan surat masuk dan keluar menggunakan sistem agenda maupun kartu kendali. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran Kearsipan (2) apakah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran Kearsipan dan (3) apakah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Kearsipan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran 3 di SMKN 1 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 40 peserta didik. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap disetiap siklusnya yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Pengumpulan data penelitian ini melalui (1) pengamatan (2) wawancara (3) tes (4) catatan lapangan dan (5) dokumentasi. Soal tes yang digunakan dalam penelitian ini telah diuji coba melalui (1) uji coba taraf kesukaran dan (2) uji coba daya pembeda. Analisis data melalui tiga tahap yaitu (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kegiatan guru meningkat yaitu mencapai 92 82% pada siklus I meningkat 95 65% pada siklus II. (2) Aktivitas peserta didik meningkat yaitu mencapai 84 70% pada siklus I meningkat 95 65% pada siklus II. (3) Hasil belajar meningkat pada hasil belajar aspek kognitif dari pratindakan diperoleh persentase 40% meningkat pada siklus I menjadi 45 95% dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 97 22%. Pada hasil belajar aspek psikomotor siklus I diperoleh persentase 74 70% dan pada siklus II meningkat menjadi 88 64%. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah (1) Penerapan metode demonstrasi dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan langkah-langkah metode demonstrasi dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). (2) Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. (3) Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat diberikan yaitu (1) Peserta didik disarankan agar dapat mengikuti proses demonstrasi yang diterapkan oleh guru dengan baik aktif dan partisipatif dalam pembelajaran dan memperhatikan kelompok yang sedang melakukan praktik. (2) Bagi Guru mata pelajaran Kearsipan disarankan dapat menjadikan metode demonstrasi sebagai alternatif metode pembelajaran. (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan persiapan secara matang sebelum melakukan demonstrasi dan dapat menerapkan metode demonstrasi pada mata pelajaran kearsipan atau mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item View Item