Sudarwatik, Annik Dwi (2017) Penerapan kolaborasi model pembelajaran simulasi dan make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Bondowoso) / Annik Dwi Sudarwatik. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sudarwatik Annik Dwi. 2017. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Simulasi Dan Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di Smk Negeri 1 Bondowoso). Skripsi Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M. Pd Kata Kunci Simulasi Make A Match Hasil Belajar. Observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Bondowoso diketahui bahwa sekolah menggunakan kurikulum 2013. Wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran menjelaskan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Fakta tersebut ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa yang kurang dari 75%. Untuk mengatasi masalah yang dihadapi maka perlu dilakukan penelitian tentang hasil belajar dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Simulasi dan Make A Match pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran pokok bahasan Tata Ruang Kantor. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK sebanyak 31 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara observasi dokumentasi catatan lapangan tes. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu 1) Reduksi Data 2) Paparan Data Dan 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Simulasi dan Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai KD sebelumnya nilai rata-rata kelas sebesar 40 dan nilai tertinggi 81 pada siklus I naik menjadi 59 03 untuk daya serap klasikal siklus I lebih rendah yaitu 16% sedangkan pada nilai guru daya serap klasikalnya 19% hal ini dikarenakan siswa belum terbiasa dengan model yang diterapkan akan tetapi untuk perolehan nilai tertinggi siklus I lebih meningkat yaitu 88. Sedangkat pada siklus II untuk nilai rata-rata kelas bertambah naik menjadi 89 46 dan untuk daya serap klasikal 77% dan nilai tertinggi 100. Saran dari peneliti guru dianjurkan untuk memberikan model pembelajaran dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar bagi siswa agar lebih aktif dalam proses pembelajaran serta memperluas ilmu pengetahuannya. Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih lanjut dan lebih mendalam serta dapat menerapkan kolaborasi model Simulasi dan Make A Match pada KD lain dan mata pelajaran lain. ABSTRACT Sudarwatik Annik Dwi. 2017. The Implementation of Collaboration between Simulation and Make A Match Learning Model in order to Improve Student Learning Outcome (Study to the Students in 10th Grade department of Office Administration SMK Negeri 1 Bondowoso). Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economic State University of Malang. Supervisor Drs. Sarbini M. Pd Keywords Simulation Make A Match Learning Outcome Observation that conducted in SMK Negeri (Public Vocational High School) 1 Bondowoso found that the school implements Curriculum 2013. Interview that conducted to the teacher of Introduction to Office Administration subject explained that the students have less activeness in following learning process. That fact proven by student learning outcome completeness that less than 75%. In order to cope with the problems above then it is necessary to conduct a research about learning outcome by using collaboration between Simulation and Make A Match learning model towards Introduction to Office Administration subject on main discussion of Office Layout. The research type was included into Classroom Action Research which conducted in 2 cycles where each cycle consists of 2 meetings. The research subject was students in the 10th Grade Department of Office Administration for 31 students. Each cycle consists of four steps action planning action implementation observation and reflection. Data collection technique that used in this research was interview observation documentation filed note and test technique. Data analysis in this research performed through three steps 1) Data Reduction 2) Data Display 3) Conclusion Drawing. The research result showed that collaboration between Simulation and Make A Match learning model could improve student learning outcome. Previous average class score on the Basic Competence was 40 and the highest score was 81. In the cycle I it improved to be 59.03 and classical absorption in the cycle I was lower which was 16% while on teacher score its classical absorption was 19%. It was due to the students were still unfamiliar with the implemented learning model however the highest score in the cycle I improved to be 88. In the cycle II average class score improved to be 89.46 and its classical absorption was 77% with the highest score of 100. Suggestions from the researcher that teacher suggested to apply learning model in conducting teaching learning activity and for students should be more active in the learning process as well as to enlarge the knowledge. For the next researchers should conduct further research as well as implement collaboration between Simulation and Make A Match learning model towards other Basic Competence and other subject.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29232 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |