Pengaruh kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK di Kabupaten Malang) / Selvi Anggarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK di Kabupaten Malang) / Selvi Anggarini

Anggarini, Selvi (2017) Pengaruh kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK di Kabupaten Malang) / Selvi Anggarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggarini S. Pengaruh Kebiasaan Belajar Kepercayaan Diri dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK di Kabupaten Malang. Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Yuli Agustina S.E S.Pd M.M. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Kepercayaan Diri Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar Tingkat keberhasilan dalam proses belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang terdapat dalam faktor internal ialah kebiasaan belajar dan kepercayaan diri sedangkan faktor eksternal ialah lingkungan keluarga masyarakat dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar Pengantar Administrasi Perkantoran siswa kelas X APK SMK di Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK di Kabupaten Malang (SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi SMK Cendika Bangsa Kepanjen dan SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) yang berjumlah 135 siswa dengan teknik proportional random sampling digunakan sampel sebanyak 101 siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi dengan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan dan uji F dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. (2) Tidak terdapat pengaruh positif signifikan kepercayaan diri terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar dan (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan (1) Kondisi kebiasaan belajar dan lingkungan belajar tergolong baik dan untuk kepercayaan diri sangat baik (2) kebiasaan belajar dan lingkungan belajar berpengaruh positif secara parsial terhadap hasil belajar.(3) kepercayaan diri tidak berpengaruh positif secara parsial terhadap hasil belajar. (4) kebiasaan belajar kepercayaan diri dan lingkungan belajar berpengaruh positif secara simultan terhadap hasil belajar. Sehingga dapat disarankan (1) Bagi pihak sekolah selalu memelihara suasana lingkungan sekolah yang nyaman kondusif dan menciptakan suasana mengajar yang menyenangkan bagi siswa (2) Bagi siswa diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kebiasaan belajar mereka (3) Bagi orangtua diharapkan selalu memberikan dorongan kepada anak (4) Bagi peneliti lain diharapkan dapat melaksanakan penelitian terhadap faktor intern atau faktor ekstern lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar. ABSTRACT Anggarini S. The Effect of Learning Habit Self-Confidence and Learning Environment on Learning Outcome of the Introduction to Office Administration (Study of 10th Grade Students of Office Administration at SMK in Malang Regency. Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Yuli Agustina S.E S.Pd M.M. Keywords Learning Habit Self Confidence Learning Environment Learning Outcome The success rate in the learning process is influenced by several factors such as internal factors and external factors. One of the factors contained in the internal factors is the habit of learning and confidence while external factors are the family environment community and school. This study aims to determine the effect of learning habits self-confidence and learning environment on the learning outcome of introduction of office administration for the 10th grade students of Office Administrationat SMK in Malang regency. This research uses quantitative approach and correlational descriptive research. The population of this study is the 10th grade students of Office Administrationat SMK in Malang regency (SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi SMK Cendika Bangsa Kepanjen and SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) that consist of 135 students with proportional random sampling technique used 101 samples. Technique of collecting data by questioner and documentation with Likert scale. Data analysis used is multiple linear regression analysis with hypothesis test using t-test and and F-test assisted by SPSS 16.0 program for windows. The research findings show that (1) there is a significant positive influence of learning habits on learning outcomes (2) there isn t a significant positive effect of confidence on learning outcomes (3) there are positive influence and significant learning environment to learning outcomes and (4) there are significant positive influence of learning habits confidence and learning environment on the learning outcomes. Based on the research finding of this study it can be concluded that (1) the condition of learning habit and learning environment is good and for self-confidence is very good (2) learning habits and learning environment have positive effect partially on the learning outcome (3) confidence haven t positive effect partially on the learning outcome (4) learning habits confidence and learning environment have positive effect simultaneously on the learning outcome. Therefore it can be suggested (1) for the school should always maintain a comfortable conducive and create a pleasant teaching atmosphere for students (2) for students are expected to maintain and improve their learning habits (3) for parents are expected to always appreciation toward their children s ability and (4) for other researchers are expected to conduct research on other internal factors or other external factors that can affect learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29231

Actions (login required)

View Item View Item