Penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran korespondensi kompetensi dasar surat dinas kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Vera Hodya Ariska

Ariska, Vera Hodya (2017) Penerapan metode pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada mata pelajaran korespondensi kompetensi dasar surat dinas kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang) / Vera Hodya Ariska. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ariska, Vera Hodya. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Mata Pelajaran Korespondensi Kompetensi Dasar Surat Dinas Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi, Program studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr.Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M. Kata kunci: metode pembelajaran demonstrasi, hasil belajar, mata pelajaran korespondensi Guru harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat berdasarkan karakteristik peserta didik dan materi pelajaran. Metode pembelajaran yang sering digunakan pada pendidikan SMK adalah ceramah, salah satunya pada pembelajaran Korespondensi. Metode ceramah hanya berfokus pada pemberian tugas, sehingga peserta didik tidak memperoleh keterampilan melakukan praktik yang diharapkan. Salah satu metode pembelajaran yang tepat untuk pembelajaran korespondensi adalah demonstrasi. Tujuan dari penelitian ini diantaranya adalah (1) mengetahui proses penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran Korepondensi Kompetensi Dasar surat dinas kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang setelah penerapan metode demonstrasi, (3) mengetahui kendala yang ada pada saat penerapan metode demonstrasi. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 19 peserta didik kelas X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Siklus I dilakukan pada materi surat instruksi. Sedangkan siklus II dilakukan pada materi surat perintah. Setiap siklus dilakukan selama dua kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah (1) soal latihan esai, (2) lembar observasi aspek afektif dan psikomotorik, (3) lembar observasi pelaksanaan tindakan pembelajaran, (4) pedoman wawancara, (5) cacatan lapangan. Data hasil penelitian dianalisis dengan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran demonstrasi dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Korespondensi. Peningkatan hasil belajar dilihat dari nilai posttest serta hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik. Pada siklus I, rata-rata nilai posttest sebesar 76.9, rata-rata hasil belajar afektif sebesar 45.4%, dan rata-rata hasil belajar psikomotorik sebesar 38.1%. Sedangkan pada siklus II, rata-rata nilai posttest sebesar 84.1, rata-rata hasil belajar afektif sebesar 60%, dan rata-rata hasil belajar psikomotorik sebesar 63%. Berdasarkan temuan penelitian, maka diajukan saran diantaranya, adalah (1) bagi guru mata pelajaran Korespondensi diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, (2) bagi peserta didik diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan keberanian melakukan demonstrasi di depan kelas, (3) bagi peneliti selanjutnya adalah menerapkan model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran lain seperti kearsipan. ABSTRACT Ariska, Vera Hodya. 2017. Application of Demonstration Learning Methods to Improve Results of Learning (study on Correspondence subject basis competence of department letter of Students Grade X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang). Thesis, Study Program of Administration Education, Department of Management, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor: Dr.Wening Patmi Rahayu, S.Pd., M.M. Keywords: demonstration learning methods, results of learning, correspondence subjects Teachers should be able to choose the right learning method based on the characteristics of learners and subject matter. Learning method that is often used in vocational education is lecture, one of them on learning Correspondence. Correspondence is a learning that emphasizes practical skills. The lecture method focuses only on assigning tasks, so that students do not acquire the expected practice skills. The purpose of this research is to, (1) knowing application the demonstration learning methods on Correspondence subject basis competence of department letter of students grade X APK SMK Muhammadiyah 2 Malang, (2), knowing studentsÔÇÖs result of learning grade X APK SMK Muhammadiyah Malang afetr application the demonstration learning methods, (3) knowing constraint when application the demonstration learning methods. The research design uses classroom action research. The subjects of the research were 19 students of grade X APK SMK Muhammadiah 2 Malang of academic year 2016/2017. Cycle I is done on the instruction letter material. While cycle II is done on the material warrant. Each cycle is performed during two meetings with the RPP method of demonstration. The data collection instruments used are (1) essay practice questions, (2) observation sheets of affective and psychomotor aspect, (3) observation sheets of learning action implementation, (4) interview guides, (5) field records. The data of the research are analyzed by three steps of which are, data reduction, data presentation, and decision making. The results show that the method of demonstration learning can be used to improve results of learning in the subjects of Correspondence. Improved results of learning seen from the value of posttest and the results of learning affective and psychomotor aspects. In the first cycle, the average of posttest score was 76.9, the average of affective learning result was 45.4%, and the average of psychomotor learning result was 38.1%. While on the second cycle, the average of posttest score of 84.1, the average of affective learning results of 60%, and average psychomotor learning outcomes of 63%. Based on the research findings, the suggested suggestions are (1) for the teachers Correspondence is expected to use the varied learning model, (2) for the students to increase the liveliness and courage to demonstrate in front of the class, (3) for the next researcher is implementing demonstration learning models on other subjects such as archive subjects.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29230

Actions (login required)

View Item View Item