Pengaruh kedisiplinan peserta didik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (studi pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Yuniarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kedisiplinan peserta didik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (studi pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Yuniarti

Yuniarti (2017) Pengaruh kedisiplinan peserta didik dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar (studi pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Yuniarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yuniarti. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Peserta Didik dan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar (Studi pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. Kata kunci kedisiplinan peserta didik kebiasaan belajar hasil belajar peserta didik Kedisiplinan merupakan hal yang penting dalam kegiatan pembelajaran. Dengan kedisiplinan yang diterapkan di sekolah akan membangun karakter yang baik bagi peserta didik. Tidak hanya itu kedisiplinan juga akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Selain kedisiplinan faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar adalah kebiasaan belajar. Kebiasaan belajar peserta didik dibagi menjadi 2 (dua) yaitu kebiasaan belajar di rumah dan kebiasaan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kedisiplinan peserta didik kebiasaan belajar dan hasil belajar peserta didik. (2) Pengaruh kedisiplinan peserta didik secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Pengaruh kebiasaan belajar secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik. (4) Pengaruh kedisiplinan peserta didik dan kebiasaan belajar secara simultan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berjenis regresi. Variabel bebas penelitian ini adalah kedisiplinan peserta didik (X1) dan kebiasaan belajar (X2) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X APk SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2016/2017 populasi sebanyak 69 peserta didik yang terbagi menjadi 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil signifikansi untuk variabel kedisiplinan peserta didik sebesar 0.000 0 05 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan peserta didik terhadap hasil belajar atau Ha diterima. Untuk variabel kebiasaan belajar diketahui nilai signifikansi sebesar 0 019 0 05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap terhadap hasil belajar atau Ha diterima. Hasil pengujian secara simultan diketahui nilai signifikansi sebesar 0.000 sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan peserta didik dan kebiasaan belajar terhadap terhadap hasil belajar atau Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Bagi pihak sekolah sebaiknya menambah strategi dan menyusun kegiatan yang dapat meningkatkan kedisiplinan seperti mewajibkan untuk mengikuti Paskibra atau Pramuka. (2) Bagi Guru sebaiknya mengarahkan peserta didik untuk berperilaku positif dan memiliki komunikasi yang baik dengan wali murid sehingga dapat mengontrol kebiasaan belajar peserta didik. (3) Bagi peserta didik sebaiknya mematuhi peraturan yang berlaku dan tidak menjadikan peraturan sebagai beban. (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik melanjutkan penelitian ini sebaiknya meneliti dengan menggunakan populasi yang lebih luas atau kompetensi keahlian yang berbeda serta dapat menambahkan variabel lain karena masih banyak faktor lain yang berperan dalam pencapaian hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29229

Actions (login required)

View Item View Item