Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK pada mata pelajaran Produktidf di SMK Muhamamadiyah 5 Kepanjen) / Yodha Arya Manggala Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK pada mata pelajaran Produktidf di SMK Muhamamadiyah 5 Kepanjen) / Yodha Arya Manggala Putra

Putra, Yodha Arya Manggala (2017) Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian APK pada mata pelajaran Produktidf di SMK Muhamamadiyah 5 Kepanjen) / Yodha Arya Manggala Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Putra Yodha Arya Manggala. 2017. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian APk Pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata kunci lingkungan belajar disiplin belajar hasil belajar Pendidikan merupakan kebutuhan sepanjang hayat. Dalam kehidupan suatu negara pendidikan sangat penting bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Belajar merupakan kegiatan yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan. Keberhasilan dalam belajar dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain lingkungan belajar dan disiplin belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Kabupaten Malang yang merupakan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang bertujuan untuk menyiapkan dan menyalurkan lulusan sebagai tenaga kerja terampil dan profesional sesuai dengan tuntutan dunia kerja. Tujuan penelitian (1) Mengetahui deskripsi lingkungan belajar disiplin belajar dan hasil belajar (2) Mengetahui pengaruh lingkungan belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa (3) Mengetahui pengaruh disiplin belajar secara parsial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas yaitu lingkungan belajar (X1) disiplin belajar (X2) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Populasi sekaligus sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X APk SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dengan jumlah 69 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Skala dalam penelitian ini adalah skala Likert dengan rentang 5 alternatif jawaban. Hasil belajar diklasifikasikan sangat tinggi tinggi cukup rendah dan sangat rendah. Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari guru tentang nilai siswa pada aspek kognitif berupa nilai tugas UH dan UTS semester ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Kuesioner dan (2) Dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Lingkungan belajar diklasifikasikan baik (2) Disiplin belajar diklasifikasikan sangat baik (3) Hasil belajar diklasifikasikan cukup. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa (2) Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 031 artinya sumbangan pengaruh lingkungan belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa adalah 3 1%. Sisanya adalah 96 9% diduga dapat dipengaruhi oleh variabel lain. Peneliti menyarankan (1) Bagi sekolah sebaiknya menciptakan lingkungan sekolah dengan baik membangun dan mempertahankan kebiasaan disiplin siswa di lingkungan sekolah (2) Bagi guru sebaiknya memberikan inovasi dalam pembelajaran selalu memberikan semangat dan motivasi kepada siswa selain itu guru dapat memberikan pujian atau hadiah kepada siswa yang disiplin untuk mempertahankan disiplin dalam diri siswa (3) Bagi siswa sebaiknya meningkatkan kegemaran dalam membaca buku produktif mengulang materi produktif dan membiasakan belajar dengan rutin (4) Bagi peneliti selanjutnya yang tertarik untuk melanjutkan penelitian ini sebaiknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa jika peneliti selanjutnya menggunakan variabel lingkungan belajar sebaiknya bagian dari variabel lingkungan belajar dipisahkan sehingga pada saat menganalisis data dapat dilihat bagian variabel mana yang paling berpengaruh. Apabila kuesioner yang diberikan terdapat pernyataan positif dan negatif sebaiknya dipisahkan antara positif dan negatif agar siswa tidak merasa kebingungan pada saat mengisi kuesioner selain itu siswa perlu dipandu pada saat mengisi kuesioner agar jawaban siswa konsisten. Identitas responden dapat menjadi alternatif jawaban jika penelitian bertolak belakang. Pengukuran hasil belajar siswa sebaiknya menggunakan semua nilai baik itu nilai tugas UH UTS maupun UAS. ABSTRACT Putra Yodha Arya Manggala. 2017. The Effect of Learning Environment and Learning Discipline on the Student Learning Outcomes (Study on the Tenth Grade Students of the Office Administration Program on Productive Subjects at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Keywords learning environment learning discipline learning outcome Education is a lifelong need. In the life of a country education is very important for improving the quality of human resources. Learning is a very basic activity in the organization of education. The successful of learning process is affected by many factors those are learning environment and learning discipline. This research was conducted at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen district of Malang which is one of the vocational education institutions that aims to prepare and distribute graduates as skilled and professional workforce in accordance with the demands of the world of work. The purpose of this research are (1) Knowing the description of the learning environment learning discipline and learning outcomes (2) Knowing the influence of learning environment partially to student learning outcomes (3) Knowing the influence of learning discipline partially to student learning outcomes. This research is a quantitative research by using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. The independent variables are learning environment (X1) learning discipline (X2) and the dependent variable is the learning outcomes (Y). The population also samples in this study is a tenth-grade student Office Administration SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen with 69 students. The sampling technique used is saturation sampling technique. The scale of this research is the Likert scale with a range of 5 alternative answers. Learning outcomes are classified very high high quite low and very low. Sources of data derived from primary data derived from the respondents and secondary data obtained from the teachers about students score related aspect cognitive form the task value daily tests and midterm exam in the odd semester school year of 2016/2017. Data collection technique using a (1) Questionnaire and (2) Documentation. The instrument feasibility test is performed by validity test and reliability. Analysis of the data in this study using descriptive data analysis and multiple linear regression analysis. Prior to the multiple linear regression analysis to test the classical assumption of normality test multicollinearity test and heteroscedasticity test. Descriptive analysis showed that (1) Learning environment can be classified good (2) Learning discipline can be classified very good (3) Learning outcomes can be classified quite high. The results of hypothesis testing it showed that (1) There is no positive effect and significant correlation between learning environment to student learning outcomes (2) There is no positive effect and significant correlation between learning discipline to student learning outcomes. The value of Adjusted R Square is 0.031 means the contribution of the effect of learning environment (X1) and learning discipline (X2) on the student learning outcomes is 3.1%. The rest is 96.9% alleged to be affected by other variables. Researcher suggests that (1) For the school should have to create a good school environment build and maintain a discipline habit of the students in the school environment (2) For the teachers should provide innovation in learning always giving spirit and motivation to students besides that the teacher can give praise or reward to discipline students to maintain discipline in student self (3) For students should improve reading productive books repeating the productive material and get used to learn regularly (4) For the next researcher who is interested to continuing this research we recommend to do more research regarding other variables that can affect learning outcomes of students if researchers further use the learning environment variables should part of the learning environment variables are separated so that when analyzing the data can be seen which part of the variable that most influential. If the questionnaires are given positive and negative statements students should be guided when filling in the questionnaire for consistent student answers. The identity of the respondent can be an alternative answer if the research is contradictory. Measurement of learning outcomes of students should use all the values of both the value of the task Exam Daily Mid Semester Exam as well as Final Exam Semester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29228

Actions (login required)

View Item View Item