Davega, Lidya Winda (2017) Pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran dan X Perbankan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi, mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran) / Lidya Winda Davega. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Davega L.W 2017. Pengaruh Gaya Belajardan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X APK dan X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran). Skripsi. Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. Kata Kunci Gaya Belajar Visual Gaya Belajar Auditori Gaya Belajar Kinestetik Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar. Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan belajar siswa. Menurut wawancara awal yang dilakukan peneliti dengan guru mata pelajaran diketahui bahwa pada program keahlian ADP dan Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi masih ada siswa yang nilainya belum optimal. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang terdapat dalam faktor internal ialah gaya belajar (visual auditori kinestetik) sedangkan faktor eksternal ialah lingkungan keluarga masyarakat dan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar pengantar administrasi perkantoran siswa kelas X APK dan X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X APK dan X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang berjumlah 91 siswa.Dengan teknik proportional random samplingditetapkan sampel sebanyak 74 siswa. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner dan dokumentasi. Skala yang digunakan adalah skala likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Deskripsi gaya belajar visual gaya belajar auditori gaya belajar kinestetik lingkungan belajar dan hasil belajar siswa kelas X APK dan X Perbankan SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi adalah baik (2) Terdapat pengaruh positif signifikan gaya belajar visual terhadap hasil belajar. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan gaya belajar auditori terhadap hasil belajar.(4) Terdapat pengaruh positif signifikan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar dan (5) Terdapat pengaruh positif signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin baik gaya belajar visual gaya belajar auditori gaya belajar kinestetik dan lingkungan belajar maka akan semakin tinggi hasil belajar yang diperoleh begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan (1) Bagi kepala sekolah hendaknya dapat mempertahankan dan meningkatkan kondisi lingkungan sekolah secara optimal dengan memperhatikan penggunaan fasilitas belajar serta memperhatikan peraturan sekolah (2) Bagi guru agar dapat menyesuaikan gaya mengajar dan kebutuhan siswa serta dorongan kepada siswa agar lebih baik lagi dalam belajar sehingga hasil belajar yang didapatkan lebih optimal (3) Bagi siswa agar lebih memahami dan menerapkan cara belajar yang baik sesuai dengan kecenderungan tipe gaya belajarnya sehingga hasil belajar yang diperoleh menjadi maksimal (4) Bagi orang tua seharusnya lebih memperhatikan kesulitan siswa dalam belajar. (5) Bagi peneliti lain diharapkan dapat melaksanakan penelitian terhadap faktor intern atau faktor ekstern lainnya yang dapat mempengaruhi hasil belajar. ABSTRACT Davega L.W 2017. The Effect of Learning Style and Learning Environment on the Students Learning Outcome (Study of 10th Grade Students of Office Administration and Banking at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi for Introduction to Office Administration). Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. Keywords Visual Learning Style Auditory Learning Style Kinesthetic Learning Style Learning Environment Learning Outcome. Learning outcomes is the benchmark of students learning success. According to initial interviews that has been conducted by researchers with subject teachers it is known that there are few students of Office Administration and Banking at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi whose grade have not optimal. It is influenced by several factors such as internal factors and external factors. One of the factors found in internal factors is learning style (visual auditory kinesthetic) while external factors are family society and school environment. This study aims to determine the influence of learning styles and learning environment on the learning outcome of introduction of administration office for the tenth grade students of Office Administration and Bankingat SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. This research uses quantitative approach and correlational descriptive research. The population of this study are the tenth grade students of Office Administration and Banking at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi which consist of 91 students. By using proportional random sampling technique the sample is 74 students. Data collection techniques was taken through questionnaires and documentation. The scale used is Likert scale. Analysis of data used is multiple linear regression analysis with hypothesis testing using t test with the help of program SPSS 16.0 for windows. The research finding show that (1) description of visual learning style auditory learning style kinesthetic learning style learning environment and student learning outcome of the tenth grade students of Office Administration and Banking at SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi is good (2) there is significant positive influence of visual learning style on the learning outcomes (3) there is a significant positive influence of auditory learning style on learning outcomes (4) there is a significant positive influence of kinesthetic learning style on learning outcomes and (5) there is a significant positive influence of learning environment on learning outcomes. Thus it can be concluded that the better the visual learning style auditory learning style kinesthetic learning style and learning environment will be the higher learning outcomes obtained and vice versa. Based on the research finding of the study it can be suggested that (1) the principal should be able to maintain and improve the condition of school environment optimally by considering the use of learning facilities and pay attention to school regulations (2) the teachers should adjust the style of teaching and students needs and encouragement for students in order to be better in learning so that the results obtained more optimal learning (3) for students should better understand and apply a good way of learning in accordance with the tendency of the type of learning style so that the results obtained to be maximal learning (4) for parents should pay more attention to students difficulties in learning and lastly (5) for other researchers are expected to carry out research on internal factors or other external factors that can affect learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29227 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |