Pengaruh ketebalan membran separator nanofiber pan/pvdf terhadap performa superkapasitor / Silvia Nurlaili Agustina</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ketebalan membran separator nanofiber pan/pvdf terhadap performa superkapasitor / Silvia Nurlaili Agustina</p>

Agustina, Silvia Nurlaili (2023) Pengaruh ketebalan membran separator nanofiber pan/pvdf terhadap performa superkapasitor / Silvia Nurlaili Agustina</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Separator pada superkapasitor memiliki peran yang penting yaitu sebagai perantara ion yang melintas saat proses charge-discharge dan berpengaruh pada performa superkapasitor. Oleh karena itu diperlukan kajian komprehensif terkait karakteristik separator yaitu meliputi morfologi ukuran pori diameter gugus fungsi dan performa elektrokimia membran separator berbahan komposit PAN/PVDF. Membran separator disintesis menggunakan metode elektrospinning dengan variasi ketebalan (2 4 6 8 10 lapis) dilanjutkan dengan fabrikasi superkapasitor dalam bentuk coin cells. Membran yang dihasilkan selanjutnya dikarakterisasi Scanning Electron Microscope (SEM) dan Fourier Transform Infra Red (FTIR). Untuk hasil fabrikasi superkapasitor dengan coin cells dilakukan uji Galvanostatic Charge-Discharge (GCD) Cyclic Voltammetry (CV) dan Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS) untuk mengetahui performa superkapasitor. Hasil FTIR menunjukkan bahwa membran PAN/PVDF berhasil dikomposit dengan adanya penambahan puncak baru yang diidentifikasi sebagai PVDF maupun PAN pada bilangan gelombang 2243 21 dan 881 cm-1. Nanofiber yang terbentuk memiliki diameter yang berkisar antara 319 7 sampai 339 95 nm. Kemampuan penyerapan elektrolit optimum didapatkan pada ketebalan 6 lapis yaitu sebesar 318 18% dan semakin menurun hingga 173 68% ketika ketebalan 10 lapis. Pada penelitian ini didapatkan performa superkapasitor optimum pada variasi 6 lapis dengan ketebalan 75 91 x 103 nm dengan nilai kapasitas gravimetrik sebesar 53 36 F/g kapasitas penyimpanan sebesar 88 96% setelah diuji 500 cycle luasan gravik CV terbesar dan nilai konduktivitas ionik sebesar 54 x 10-5 S/cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292261

Actions (login required)

View Item View Item