Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Diki Maulana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Diki Maulana

Maulana, Diki (2017) Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Diki Maulana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maulana Diki. 2017. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E M.M. Ak Kata kunci motivasi belajar disiplin belajar hasil belajar Proses pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri atas input proses dan output. Input merupakan peserta didik yang akan melaksanakan aktivitas belajar proses merupakan kegiatan belajar mengajar sedangkan output merupakan hasil dari proses yang dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) motivasi belajar disiplin belajar dan hasil belajar peserta didik (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar (3) pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 69 siswa dengan sampel 69 siswa. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik sampling jenuh. Skala yang digunakan adalah skala Likert dengan lima skala ukur. Jenis datanya adalah data ordinal yang diperlakukan sebagai data interval. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) uji normalitas (2) uji heteroskedastisitas (3) uji kolinearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar pada siswa dapat diklasifisikan baik disiplin belajar pada siswa adalah baik dan sebagian besar siswa memiliki hasil belajar yang baik (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK (3) tidak ada pengaruh positif antara disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK Penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 19 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) pihak sekolah melalui kepala sekolah untuk lebih membangun dan mempertahankan kebiasaan disiplin peserta didik di lingkungan sekolah (2) bagi guru sebaiknya memiliki kedekatan hubungan dengan peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah (3) bagi peserta didik untuk membiasakan mengulang materi-materi yang telah diajarkan guru ketika di sekolah (4) bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dengan penelitian ini sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang faktot-faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar misalnya iklim kelas minat fasilitas belajar bakat dan lingkungan belajar. ABSTRAK Maulana Diki. 2017. The Influence of Learning Motivation and Discipline On Learning Outcomes of Office Automation Subject (Study in 10th Grade of Office Administration Program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Lulu Nurul Istanti S.E M.M. Ak Keywords learning motivation learning discipline learning outcomes The education process is a system that consist of input process and output. Input is the learners who will carry out the activity of learning a process of learning activities while the output is the result of a process undertaken. This research aims to determine (1) motivation to learn discipline of learning and learning outcomes of students (2) the effect of learning motivation towards learning outcomes (3) the effect of the discipline of learning on learning outcomes. This study is a descriptive correlational research. The population in this study are students of 10th Class of Office Administration Program in SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen with number of 69 students and the number of sample of 69 students. Sampling Alt saturated sampling techniques. The scale used is a Likert scale with five measuring scale. Ordinal type of data is data that is treated as interval data. In this study using three models of classic assumption test namely (1) test for normality (2) heteroscedasticity test (3) testing of colinearity The results showed that (1) motivation to learn in students can be classified good disciplined learning in students is good and most students have a good learning outcomes (2) there is a significant positive effect between learning motivation on the results of study subjects in class X APK Office Automation (3) there is no significant positive effect between the discipline of learning to the learning outcomes of subjects in class X APK Office Automation This analysis use SPSS 19 for Windows. Based on these results researchers suggest (1) the school through the principal to further build and maintain the discipline habits of learners in the school environment (2) for teachers should have a close relationship with learners both inside and outside school (3) for learners to get used to repeat the materials that teachers have taught when in school (4) for the next researcher who is interested in this study further research should be done on other factors that can affect learning outcomes e.g. classroom climate interests learning talent and learning environment. KATA PENGANTAR Puji Syukur peneliti panjatkan kepada Tuhan YME atas semua rahmat dan hidayah sehingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) dengan baik dan benar. Proses penyusunan skripsi ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak oleh karena itu peneliti mengucapkan banyak terimakasih atas segala bentuk bantuan dan dorongan yang diberikan antara lain peneliti tujukan kepada 1. Kedua orang tua Bapak Supriyadi dan Ibu Tasromi serta keluarga besar yang telah memberi nasehat do a kesabaran perhatian dan motivasi kepada peneliti sampai selesai menempuh Program S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. 2. Ibu Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak selaku dosen pembimbing yang telah banyak memberikan bimbingan motivasi perhatian dorongan kesabaran dan nasehat dalam menyelesaikan penulisan skripsi ini. 3. Ibu Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd. M.M. selaku penguji utama yang telah memberikan kritik saran serta nasehat kepada peneliti. 4. Ibu Hj. Fadia Zen S.E. M.M. selaku penguji kedua yang telah memberikan kritik saran serta nasihat kepada peneliti. 5. Bapak Prof. Dr. H. Budi Eko Soetdjipto M.Ed M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi yang telah mendukung mahasiswa dalam hal perijinan penelitian. 6. Bapak Dr. Agus Hermawan M.Si. GradDipMGT. M.Bus selaku Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang telah mendukung mahasiswa dalam hal perijinan penelitian. 7. Bapak Ibu dosen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang atas ilmu dan bimbingan selama peneliti kuliah. 8. Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen beserta guru siswa dan staf TU yang telah banyak membantu dan mendukung peneliti selama pelaksanaan penelitian. 9. Seluruh teman-teman OFF PP dan seluruh angkatan PADP 2013 yang selalu memberikan dukungan demi terselesainya skripsi ini. 10. Kontrakan Puri Bunga C12 yang selalu memberikan dukungan demi terselesainya skripsi ini. Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih terdapat kekurangan untuk itu saran serta kritik yang membangun sangat berguna untuk kesempurnaan peneliti berikutnya. Semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan rekan-rekan seprofesi dan pembaca pada umumnya. Malang Mei 2017 Penulis DAFTAR ISI Halaman ABSTRAK i KATA PENGANTAR iii DAFTAR ISI v DAFTAR TABEL vii DAFTAR GAMBAR viii DAFTAR LAMPIRAN ix BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah 1 B. Rumusan Masalah 6 C. Hipotesis Penelitian 6 D. Kegunaan Penelituan 7 E. Asumsi Penelitian 7 F. Definisi Operasional 8 BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Penelitian Sebelumnya yang Relevan 10 B. Kajian Teori 12 1. Hasil Belajar 12 2. Motivasi Belajar 16 3. Disiplin Belajar 19 4. Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin belajar terhadap Hasil Belajar.................................................................. 21 BAB III METODE PENELITIAN A. Rancangan Penelitian 24 B. Populasi dan Sampel 25 C. Pengembangan Instrumen Penelitian 26 1. Uji Validitas 30 2. Uji Reliabilitas 31 D. Pengumpulan Data 32 1. Jenis dan Sumber Data 32 2. Metode Pengumpulan Data 34 E. Analisis Data 35 1. Analisis Statistik Deskriptif 35 2. Analisis Statistik Inferensial 36 3. Uji Hipotesis 38 BAB IV HASIL PENELITIAN A. Gambaran Umum SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen 39 B. Hasil Analisis Statistik Deskriptif 40 1. Motivasi Belajar 41 2. Disiplin Belajar 42 3. Hasil Belajar Peserta Didik 44 C. Hasil Analisis Statistik Inferensial 45 1. Hasil Uji Asumsi Klasik 45 a. Hasil Uji Normalitas 45 b. Hasil Uji Kolinearitas 46 c. Hasil Uji Heteroskedastisitas 47 2. Hasil Analisi Regresi Linier Berganda 48 3. Hasil Uji Hipotesis 49 a. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar 50 b. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar 50 BAB V PEMBAHASAN A. Deskripsi Variabel Motivasi Belajar Disiplin Belajar dan Hasil Belajar 51 1. Deskripsi Variabel Motivasi Belajar 51 2. Deskripsi Variabel Disiplin Belajar 52 3. Deskripsi Hasil Belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran 54 B. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar 55 C. Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar 56 BAB VI PENUTUP A. Kesimpulan 58 B. Saran 59 DAFTAR RUJUKAN 61 DAFTAR TABEL Tabel Halaman 2.1 Penelitian Sebelumnya yang Relevan dengan Penelitian ini 10 3.1 Jumlah Populasi dan Sampel Penelitian 26 3.2 Kisi-Kisi Instrumen Penelitian 28 3.3 Uji Validitas Instrumen 31 3.4 Uji Reliabilitas Instrumen 32 3.5 Jenis-Jenis Skala 33 4.1 Distribusi Frekuensi Jawaban Responden Mengenai Motivasi Belajar 41 4.2 Distribusi Frekuensi Jawaban Responden Mengenai Disiplin Belajar . 43 4.3 Distribusi Frekuensi Hasil Belajar Peserta Didik . 44 4.4 Hasil Uji Kolinieritas . 46 4.5 Ringkasan Hasil Analisi Regresi Linier Berganda . 48 4.6 Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar secara Parsial terhadap Hasil Belajar . 49 8195 DAFTAR GAMBAR Gambar Halaman 3.1 Model Hubungan antar Variabel Penelitian 25 4.1 Grafik Normal P-P Plot of Regression Standardized Residual 46 4.2 Grafik Scatterplot 47 DAFTAR LAMPIRAN Lampiran Halaman 1.Kuesioner Penelitian 64 2.Populasi Responden 68 3.Data Mentah Try Out 70 4.Hasil Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Try Out 75 5.Data Mentah Penelitian 78 6.Hasil Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Penelitian 88 7.Distribusi Frekeunsi Variabel Penelitian 92 8.Uji Asumsi Klasik dan Analisi Regresi Linier Berganda 111 9.Tabel t 115 10.Surat-Surat Penelitian 119 11.Riwayat Hidup Peneliti 126

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29224

Actions (login required)

View Item View Item