Pengembangan e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis digital flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMKN 1 Malang / Khulailatun Nisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis digital flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMKN 1 Malang / Khulailatun Nisa

Nisa, Khulailatun (2017) Pengembangan e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis digital flipbook untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI program keahlian administrasi perkantoran SMKN 1 Malang / Khulailatun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nisa K. 2017. Pengembangan E-Module Administrasi Sarana dan Prasarana Berbasis Digital Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci e-module guided discovery hasil belajar Pengembangan e-module Administrasi Sarana dan Prasarana yang sesuai dengan kurikulum 2013 sangat dibutuhkan karena modul yang tersedia masih mengacu pada kurikulum lama. Melalui pengembangan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran pada kompetensi dasar Menentukan administrasi perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana dan Mempraktikkan pengadministrasian perencanaan pengadaan dan permintaan sarana dan prasarana. Pengembangan e-module ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis guided discovery kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran (2) untuk mengetahui kelayakan e-module yang telah dihasilkan melalui hasil uji validitas (3) dan untuk meningkatkan dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan e-module dengan siswa yang tidak menggunakan e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis guided discovery. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yang diberikan sekolah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan dan (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Validasi e-module dilakukan oleh 2 ahli teknologi produk 2 ahli materi dan 31 siswa. Jenis data yang terdapat dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari hasil observasi serta kritik dan saran dari validator ahli pengguna (siswa) terhadap e-module yang sudah dihasilkan. Data kuantitatif terdiri dari perhitungan skor pada lembar validasi oleh ahli teknologi produk materi dan pengguna (siswa) serta hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah lembar validasi tes tertulis dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur kelayakan e-module adalah dengan uji validitas. Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah menggunakan independent sample t test dengan taraf kesalahan 5%. Hasil berupa e-module yang telah divalidasi oleh ahli teknologi produk adalah 95 55% yang menujukkan e-module sangat valid hasil validasi ahli materi adalah 81 90% yang menujukkan bahwa e-module cukup valid dan uji coba pengguna adalah 78 33% yang menunjukkan bahwa e-module cukup valid. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai posttest 84 96 untuk kelas eksperimen dan 76 54 untuk kelas kontrol dengan standar deviasi sebesar 7 02 untuk kelas eksperimen dan 10 35 untuk kelas kontrol. Selanjutnya analisis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung ttabel (3 466 2 00488) dengan probabilitas 0 05 (0 001 0 05) maka H0 ditolak. Artinya ada perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) produk yang dihasilkan berupa e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis guided discovery (2) hasil validasi oleh ahli teknologi produk sangat valid ahli materi cukup valid dan pengguna menunjukkan kriteria cukup valid (3) berdasarkan hasil posttest terdapat perbedaan antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Saran pemanfaataan e-module pembelajaran bagi siswa yaitu (1) siswa disarankan membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan e-module karena saat proses pembelajaran guru hanya sebagai fasilitator siswa sendiri yang harus aktif (2) apabila ada hal-hal yang masih belum dimengerti siswa dapat menanyakan pada guru mata pelajaran yang bersangkutan. Saran pemanfaatan e-module pembelajaran bagi guru yaitu (1) guru disarankan agar menggunakan e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis guided discovery pegangan guru dalam proses pembelajaran (2) saat proses pembelajaran guru tidak lagi menjelaskan materi tetapi bertindak sebagai fasilitator (3) sebaiknya guru dapat menguasai kelas agar mampu mengarahkan siswa mempelajari e-module administrasi sarana dan prasarana berbasis guided discovery. Saran pengembangan lebih lanjut pada penelitian dan pengembangan e-module pembelajaran adalah menambahkan kompetensi dasar pada e-module tidak hanya satu kompetensi dasar saja. ABSTRACT Nisa K. 2017. Developing of Administration E-Module Facilities and Infrastructure Based Digital Flipbook to Enchance Students Learning Outcome (Study of the Eleventh Grade Student of Office Administration at SMKN 1 Malang. Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisors Drs. Sarbini M.Pd. Keywords e-module guided discovery learning outcome The e-module development for Administration Facilities and Infrastructure in accordance with the 2013 curriculum is necessary due to the modules availability which are still referring to the old curriculum. In spite of this development is expected to improve student learning outcomes of for the eleventh grade students of Office Administration on basic competence Determining the administration of procurement planning and demand for facilities and infrastructure and Practice administration of procurement planning and demand for facilities and infrastructure. The development of this e-module aims to (1) produce Administration Facilities and Infrastructure e-module based on guided discovery for the eleventh grade students of Office Administration program (2) know the eligibility of e-module which have been produced through validity test result and (3) to enchange and know difference of result of student learning when using e-module with students who do not use the administration facilities and infrastructure e-module based on guided discovery. The research and development model used in this study is Borg Gall s research and development model with steps that have been adapted to the real conditions and time limits provided by the school such as (1) research and data collection (2) planning (3) draft development product (4) initial field trials (5) revision of trial results (6) field trials and (7) improvements to the product of field trials. E-Module validation is done by 2 product technology experts 2 material experts and 31 students. The types of data contained in this research are qualitative and quantitative data. Qualitative data consists of observations and criticisms and suggestions from expert and user validators to the e-module that have been produced. Quantitative data consists of scoring calculations on the validation sheet by product technology material and user experts problem test results and posttest result in experiment class and control class. The instruments used in this research and development are validation sheet written test and observation sheet. Data analysis techniques used to measure the feasibility of the e-module is to test the validity. To analyze the items of good posttest used difficulty level test and differentiation power test. To know the difference of learning result of experiment class and control class by using independent sample t-test with 5% error level. The research outcome of this study is in the form of a e-module that has been validated by product technology expert that is 95.55% which shows e-module is valid material expert validation result is 81.90% indicating that e-module is quite valid and user trial is 78.33% indicating that e-module is quite valid. After conducting the learning in the experimental class and control class the mean value of posttest 84.96 for the experimental class and 76.54 for the control class with the standard deviation of 7.02 for the experimental class and 10.35 for the control class. Furthermore t test analysis showed that t-count ttable (3.466 2.00488) with probability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29222

Actions (login required)

View Item View Item