Putri, Ni Putu Ayu Arlyana Putri (2023) Pendekatan metode analisis konjoin dalam menentukan persepsi mahasiswa terhadap dosen ideal / Ni Putu Ayu Arlyana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dosen merupakan tenaga pendidik yang memegang pengaruh yang signifikan dalam mengarahkan pelaksanaan pembelajaran. Seorang dosen harus selalu memperbaharui informasi dan mengikuti perkembangan zaman dengan tujuan agar keterampilan mereka terus berkembang sehingga apa yang diajarkan kepada mahasiswa lebih relevan dan lebih menarik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dosen FMIPA Universitas Negeri Malang sudah ideal terkait beberapa kompetensi yaitu pedagogik profesional kepribadian dan sosial sesuai persepsi mahasiswa. Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap dosen yang ideal adalah dengan menggunakan analisis konjoin. Kombinasi yang dianggap penting bagi mahasiswa adalah memberikan RPS dengan lengkap pada awal perkuliahan menjelaskan subjek/topik secara menyeluruh dan dapat mengutip contoh relevan memiliki sifat bijaksana dalam mengambil keputusan dan memiliki sifat toleransi terhadap keberagaman asal suku mahasiswa. Dari hasil analisis yang diperoleh dari responden kompetensi pedagogik memiliki persentase sebesar 40 38% kemudian kompetensi kedua yang sudah dianggap terpenuhi yaitu kompetensi sosial sebesar 27 13%. Untuk selanjutnya yaitu kompetensi profesional sebesar 19 56% dan terakhir kompetensi kepribadian sebesar 12 93%. Dengan demikian persepsi mahasiswa untuk kompetensi pedagogik dianggap penting dan sudah diterapkan dengan baik oleh para dosen namun untuk kompetensi kepribadian masih perlu untuk ditingkatkan penerapannya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/292208 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |