Penerapan kolaborasi model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi surat niaga/bisnis (studi kasus pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK PGRI Turen Kabupaten Malang) / Octa Agustining - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi surat niaga/bisnis (studi kasus pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK PGRI Turen Kabupaten Malang) / Octa Agustining

Agustiningtyas, Octa (2017) Penerapan kolaborasi model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi surat niaga/bisnis (studi kasus pada siswa kelas X administrasi perkantoran SMK PGRI Turen Kabupaten Malang) / Octa Agustining. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustiningtyas Octa. 2017. Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Surat Niaga/Bisnis (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen Kabupaten Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci discovery learning metode demonstrasi aktivitas belajar hasil belajar. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru mata pelajaran Korespondensi diperoleh informasi bahwa guru hanya menggunakan metode Demonstrasi tanya jawab dan penugasan dalam mengajar. Informasi lainnya siswa kurang aktif dalam mengemukakan pendapat dan mengajukan pertanyaan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu belum ada inovasi pembelajaran dalam mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi pada materi Surat Niaga/Bisnis di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang (2) pengaruh penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi terhadap aktivitas belajar siswa dan (3) pengaruh penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran 1 SMK PGRI Turen Kabupaten Malang yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data melalui (1) Wawancara (2) Observasi (3) Tes tertulis (4) Catatan lapangan dan (5) Dokumentasi. Soal yang digunakan dalam posstest telah dihitung taraf kesukaran dan daya pembedanya. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan mencakup 4 tahapan utama yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi dapat berjalan lancar sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) pada penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14 35% dengan persentase keberhasilan sebesar 69 25% pada siklus I dan sebesar 83 60% pada siklus II (3) pada penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada aspek kognitif sebesar 55 69% dengan persentase keberhasilan sebesar 40 74% pada siklus I dan 96 43% pada siklus II untuk aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 30 88% dengan persentase keberhasilan 42 79% pada siklus I dan 73 67% pada siklus II dan aspek psikomotorik mengalami peningkatan sebesar 10 53% dengan persentase keberhasilan 73 64% pada siklus I dan 84 17% pada siklus II. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini yaitu (1) penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi pada materi Surat Niaga/Bisnis dilaksanakan sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) (2) penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi pada materi Surat Niaga/Bisnis dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (3) penerapan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi pada materi Surat Niaga/Bisnis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi siswa disarankan mengikuti bimbingan yang diberikan guru dalam pelaksanaan penemuan materi mencatat hal-hal yang belum tercantum dalam handout serta memperhatikan guru yang melakukan demonstrasi (2) Bagi guru mata pelajaran Korespondensi disarankan dapat menjadikan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi sebagai alternatif model/metode pembelajaran (3) Bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan kolaborasi model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Demonstrasi pada mata pelajaran yang sama atau pada mata pelajaran yang lain. Selain itu peneliti selanjutnya dapat menerapkan kolaborasi pembelajaran ini dengan berbantuan media pembelajaran yang relevan. ABSTRACT Agustiningtyas Octa. 2017. The Implementation of Collaborative Learning Model Discovery Learning with Demonstration Method to Enhance Activity and Learning Outcome on Commerce/Business Letter Material (Study on the Tenth Grade Students of Office Administration at SMK PGRI Turen - Malang). Sarjana s Thesis. Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Advisor Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Keywords discovery learning demonstration method learning activity learning outcome According to the result of observations and interviews with the Correspondence teacher it has been obtained such information mentioning that the teacher use demonstration method only question and answers method and the assignments method in teaching activity. Furthermore the students have less active in expressing their opinions and ask questions during the learning process. In addition there has not been a learning innovation in teaching. This research has some aim to determine the following points (1) the implementation of collaborative learning model Discovery Learning with Demonstration method for Commerce/Business Letters subject at SMK PGRI Turen Malang (2) the effect of collaborative learning model of Discovery Learning with the Demonstration method on students learning activity and (3) the effect of collaborative learning model implementation of Discovery Learning and the Demonstration method on students learning outcome. This research falls under a category of classroom action research (CAR) with subjects of the tenth grade students of Office Administration 1 at SMK PGRI Turen Malang consisting of 32 students. The data collection was taken through (1) interview (2) observation (3) written test (4) the field notes and (5) documentation. The questions used in the posttest has been calculated about the level of difficulty and its distunguishing test. Then the data Analysis was conducted through three stages data reduction data display and conclusion. This research was conducted in two cycles each cycle consist of 2 meetings and 4 main stages (1) planning (2) implementation (3) observation and (4) reflection. The next point in this abstract will deal on the research finding of this study which are (1) the implementation of collaborative learning model Discovery Learning with demonstration method runs smoothly and according to lesson plan (RPP) (2) the implementation of collaborative learning model Discovery Learning with Demonstration method could provide students activities to increase 14.35% with the success percentage of 69.25% in the first cycle and 83.60% in second cycle and (3) the implementation of collaborative learning model Discovery Learning with Demonstration method has increased the students learning outcome on cognitive aspects as much as 55.69% with the percentage of the success of 40.74% in the first cycle and 96.43% in the second cycle meanwhile the affective aspects has increased 30.88% with the percentage of the success of 42.79% in the first cycle and 73.67% in the second cycle and psychomotor aspects has increased 10.53% with the percentage of the success of 73.64% in the first cycle and 84.17% in the second cycle. Last but not least the conclusions which can be drawn from this research are (1) the implementation of collaborative learning model Discovery Learning with demonstration method on Commercial/Business Letter subject can be implemented according to lesson plan (RPP) (2) the implementation of collaborative learning model Discovery Learning with Demonstration method on Commerce/Business Letter subject can enhance students learning activities and (3) the implementation of collaborative learning model of Discovery Learning with Demonstration method on Commerce/Business Letter subject can enhance student learning outcomes. Based on research outcome there are some suggestions which can be provided (1) the students should take into account on the teacher s guidance in the implementation on content discovery take note of the things that is not yet listed in the handout as well as paying attention to the teacher who does the demonstrations (2) for Correspondence teachers they are suggested that the collaborative learning with demonstration method as an alternative model/learning method (3) for further researchers can implement collaborative learning model Discovery Learning with Demonstration method on the same subjects or other subjects. In addition further researchers can implement this collaboration learning with relevant media-assisted learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29220

Actions (login required)

View Item View Item