Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tekstil Pandaan / Muchammad Fathur Rozi Al-Ali - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tekstil Pandaan / Muchammad Fathur Rozi Al-Ali

Al-Ali, Muchammad Fathur Rozi (2017) Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tekstil Pandaan / Muchammad Fathur Rozi Al-Ali. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Al Ali Mucahammad Fathur Rozi. 2017. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tektil Pandaan. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. Kata Kunci Lingkungan Belajar Disiplin Belajar Hasil Belajar Pendidikan merupakan suatu bidang dimana peserta didik melakukan proses pembelajaran yang bertujuan untuk menambah pengetahuan memperbanyak wawasan serta meningkatkan keahlian. Oleh karena itu pendidikan sudah seharusnya dikelola dengan baik agar memperoleh hasil maksimal. Pencapaian hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya yaitu lingkungan belajar dan disiplin belajar. Lingkungan yang positif dan baik akan berdampak baik terhadap hasil belajar siswa. Begitu juga dengan disiplin belajar semakin tinggi tingkat disiplin belajar yang dimiliki siswa maka semakin meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi lingkungan belajar disiplin belajar dan hasil belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan. (2) Pengaruh lingkungan belajar secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan. (3) Pengaruh disiplin belajar secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan dan (4) Pengaruh lingkungan belajar dan disiplin belajar secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Tekstil Pandaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik deskriptif uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar (X1) dan disiplin belajar (X2) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Subjek pada penelitian ini adalah Siswa SMK Tekstil Pandaan yang berjumlah 56 sehingga untuk pengambilan sampel diambil secara keseluruhan yang biasanya disebut dengan sampel jenuh.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Lingkungan belajar dapat diklasifikasikan baik. (2) Disiplin belajar dapat diklasifikasikan tinggi. (3) Hasil Belajar mata pelajaran Produktif siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoan SMK Tekstil Pandaan dapat diklasifikasikan baik.Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) data pada penelitian ini adalah berdistribusi normal karena data menyebar diantara garis diagonal dan mengikuti arah diagonal. (2) data pada penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas karena nilai VIF 10 dan Tolerance 0 10. (3) data pada penelitian ini tidak terjadi heterokedastisitas karena data tidak membentuk suatu pola. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar terbukti dari hasil analisis yang diperoleh nilai thitung (3 715) dari ttabel yaitu 1 673. Sehingga dapat dikatakan jika lingkungan sekolah baik maka berdampak baik juga terhadap hasil belajar. Disiplin belajar memiliki pengaruh yang tidak positif dan tidak signifikan terhadap hasil belajar terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai thitung (-1 439) dari ttabel yaitu 1 673. Sehingga dapat dikatakan jika disiplin belajar tinggi belum tentu mampu meningkatkan hasil belajar karena hasil belajar tidak hanya diukur dari tingkat disiplin belajar siswa. Berdasarkan uraian diatas peneliti menyarankan (1) Siswa diharapkan lebih mampu memanfaatkan waktu luang dengan melakukan kegiatan yang bersifat positif (2) Diharapkan pihak sekolah melalui kepala sekolah untuk lebih membangun dan mempertahankan kebiasaan disiplin peserta didik di lingkungan sekolah dengan menambah strategi yaitu membuat strategi untuk mengatur dan membuat rencana kegiatan dalam rangka membina kedisiplinan pesertadidik. (3) Peran orang tua tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan sekolah peserta didik tetapi harus bisa mengontrol dan memperhatikan peserta didik agar waktu yang dipergunakan peserta didik untuk belajar dapat berjalan secara efektif dan efisien. (4) Saran berikutnya ditujukan kepada peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain dari lingkungan belajar dan disiplin belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29219

Actions (login required)

View Item View Item