Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa X APK di SMK Muhhamadiyah 2 Malang) / Choirunnisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa X APK di SMK Muhhamadiyah 2 Malang) / Choirunnisa

Choirunnisa (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran (studi pada siswa X APK di SMK Muhhamadiyah 2 Malang) / Choirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Choirunnisa. 2017. Penerapan Model Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran. (Studi Pada Siswa Kelas X APK di SMK Muhammadiyah 2 Malang). Skripsi Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed M. Si. Kata Kunci Student Teams Achievement Division (STAD) Motivasi Belajar Hasil Belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajara pengantar administrasi perkantoran dengan menggunkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X APK sebanyak 18 siswa. Penelitian dilakuuukaaan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan pengamatan tindakan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara observasi dokumentasi catatan lapangan angket tes. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu 1) Mereduksi Data 2) Penyajian Data Dan 3) Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada siklus I persentase motivasi belajar siswa adalah 75 40% dan mengalami peningkatan sebesar 6 38% menjadi 81 74% pada siklus II. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada post-test siklus I sebesar 62 38 dengan ketuntasan klasikal 16 66 % dan pada siklus II meningkat menjadi 77 94 dengan ketuntasan klasikal 83 33%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa ranah psikomotorik pada siklus I sebesar 87 22 dengan ketuntasan klasikal 100% dan pada siklus II meningkat menjadi 88 38 dengan ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini saran bisa diberikan adalah pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam proses pembelajaran pengantara administrasi perkantoran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa tetapi tidak hanya dalam pelajaran pengantar administrasi perkantoran tetapi juga pada mata pelajaran lain. ABSTRACT Choirunnisa 2017. The Implementation of Cooperative Learning Model Student Teams Achievement Division (STAD) to Improve Students Learning Motivation and Achievement in Introduction To Corporate Management Course. (A Study On The Tenth Graders Of APK At SMK Muhammadiyah 2 Malang). Sarjana s Thesis Department of Management Faculty of Economic State University of Malang. Advisor Prof. H. Budi Eko Soetjipto M. Ed M.Si. Key words Student Teams Achievement Dvision (STAD) learning motivation learning achievement. This study is conducted to improve students motivation and their learning achievement on introduction to corporate management by applying Student Teams Achievement Division (STAD) teaching model. The study was carried out in 18 students of X-APK. It was conducted through 2 rounds which includes four steps of each. The steps are planning implementing observing and reflecting. For data collection the techniques are interview observation documentation field report questionnaire and test. To analyze the data there are 3 steps 1) reduction 2) data providing and 3) drawing conclusion. The main finding of the study shows that applying Student Teams Achievement Division (STAD) learning model can improve students motivation and their learning achievement. It is shown in the 1st Round the percentage of students motivation is 75.40% and increase up to 6.38% become 81.74% in the 2nd round. As for the mean of the students post-test achievement is 62.38% of clasicall completeness 16.66% and in the 2nd round increase up to 77.94% of classical completeness 83.33%. while the mean of students achievement in psychomotor domain in the 1st round is 87.22% of 100% classical completeness. Then in the 2nd round increase become 88.38% of 100% classical completeness. As the result of this study applying Student Teams Achievement Division (STAD) teaching model can be considered in teaching learning process of introduction to corporate management course in order to improve students motivation and their achievement. Not only for introduction to corporate management but also for other courses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item View Item