Pengaruh kedisiplinan, perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran (Studi pada peserta didik kelas X administrasi perkantoran SMK PGRI Turen) / Fariz Firnanda - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kedisiplinan, perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran (Studi pada peserta didik kelas X administrasi perkantoran SMK PGRI Turen) / Fariz Firnanda

Firnanda, Fariz (2017) Pengaruh kedisiplinan, perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran (Studi pada peserta didik kelas X administrasi perkantoran SMK PGRI Turen) / Fariz Firnanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Firnanda F. 2017. Pengaruh Kedisiplinan Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing H. Imam Bukhori S.Pd. M.M. M.Pd Kata Kunci Kedisiplinan Perhatian Orang Tua Lingkungan Sekolah Hasil Belajar Belajar adalah perubahan tingkah laku secara bertahap melalui pengalaman dan latihan dengan tujuan agar diperoleh perilaku yang lebih baik. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar peserta didik adalah faktor kedisiplinan. Kedisiplinan dalam belajar penting untuk diterapkan kepada peserta didik karena kedisiplinan belajar dapat merubah cara peserta didik dalam belajar menjadi lebih baik. Selain faktor kedisiplinan yang termasuk dalam faktor intern keberhasilan belajar peserta didik juga dipengaruhi oleh faktor ekstern yaitu salah satunya adalah perhatian orang tua. Peran orang tua dalam pendidikan anak adalah memberikan bantuan dukungan motivasi dan informasi tentang cara belajar yang baik dan tepat. Orang tua juga dapat berperan penting dalam membantu pendidikan anak. Faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah merupakan kesatuan ruang dalam lembaga pendidikan formal yang dapat mempengaruhi pembentukan sikap dan pengembangan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi kedisiplinan perhatian orang tua lingkungan sekolah dan hasil belajar. (2) Pengaruh kedisiplinan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif Aministrasi Perkantoran. (3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran dan (4) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kedisiplinan (X1) perhatian orang tua (X2) dan lingkungan sekolah (X3) dengan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Subjek pada penelitian ini adalah Peserta Didik Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen yang berjumlah 61 sehingga untuk pengambilan sampel diambil secara keseluruhan yang biasanya disebut dengan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner dokumentasi dan wawancara. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Kedisiplinan dapat diklasifikasikan tinggi. (2) Perhatian orang tua dapat diklasifikasikan baik. (3) Lingkungan Sekolah termasuk dalam klasifikasi baik. (4) Hasil Belajar siswa SMK PGRI Turen dapat diklasifikasikan cukup baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa kedisiplinan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif Aministrasi Perkantoran. Perhatian Orang Tua memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif Aministrasi Perkantoran. Lingkungan Sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif Aministrasi Perkantoran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka saran yang dapat peneliti berikan adalah sebagai berikut. (1) Bagi Kepala Sekolah SMK PGRI Turen agar selalu memperhatikan Kedisiplinan Peserta Didik dan Juga Lingkungan Sekolah karena hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. (2) Bagi dewan guru SMK PGRI Turen agar ikut serta mengawasi kedisiplinan peserta didik dan juga ikut berperan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang baik. (3) Bagi peserta didik kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen agar senantiasa menjaga kedisiplinan dirinya baik pada saat di lingkungan sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah. (4) Bagi orang tua peserta didik agar memberikan perhatian yang baik terkait belajar anaknya sehingga anaknya dapat belajar dengan baik dan mendapatkan hasil belajar yang baik. (5) Bagi peneliti selanjutnya yang melakukan penelitian di SMK PGRI Turen hendaknya meneliti variabel lain di luar kedisiplinan perhatian orang tua dan lingkungan sekolah sehingga akan diketahui faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item