Aisyah, Irsalina Amanda Aisyah (2023) Studi algoritma hybrid gvns dan tabu search pada vehicle routing problem with time windows (vrptw) / Irsalina Amanda Aisyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Vehicle Routing Problem With Time Window (VRPTW) merupakan salah satu varian dari perkembangan VRP yang bertujuan untuk menentukan rute optimal dalam pendistribusian barang yang dibatasi oleh time windows yang harus dipenuhi dalam melayani customer. Salah satu solusi algoritma yang telah digunakan pada masalah VRPTW adalah algoritma General Variable Neighborhood Search (GVNS). Algoritma GVNS memiliki 3 tahap yaitu tahap pembentukan solusi awal tahap perturbasi dan tahap perbaikan solusi. Pada penelitian terdahulu algoritma GVNS dikombinasikan dengan beberapa algoritma heuristik pada tahap pembentukan solusi awal diantaranya algoritma Sequential Insertion algoritma Insertion Heuristic dan algoritma Clark Wright. Pada penelitian ini algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan VRPTW adalah GVNS-CW dengan tahap pembentukan solusi awal menggunakan algoritma Clark Wright (CW). Lalu digunakan pula rumusan algoritma GVNS-CW yang dikombinasikan dengan algoritma Tabu Search (TS). Terdapat 2 rumusan dalam kombinasi algoritma GVNS-CW dan algoritma TS yaitu rumusan pertama algoritma GVNS-TS dengan tahap pembentukan solusi awal dari algoritma GVNS-CW dimodifikasi menggunakan algoritma TS dan rumusan kedua algoritma GVNS-CW-TS dengan tahap perturbasi dari algoritma GVNS-CW diubah menjadi tahap perbaikan TS. Kemudian akan diselidiki dan ditemukan hasil jarak rute yang lebih optimum dari ketiga algoritma dengan menggunakan dua permasalahan VRPTW. Berdasarkan dua permasalahan VRPTW yang telah dikerjakan dan dianalisis diperoleh bahwa pada permasalahan 1 dengan 10 customer dari total jarak tempuh yang diperoleh algoritma GVNS-CW-TS menghasilkan solusi yang sama dengan algoritma GVNS-CW yaitu sebesar 108 3 km dan merupakan hasil yang lebih optimum dibanding algoritma GVNS-TS sebesar 116 2 km. Pada permasalahan 2 dengan 20 customer diperoleh algoritma GVNS-CW-TS menghasilkan total jarak tempuh 238 75 km yang merupakan hasil paling optimum dibanding algoritma GVNS-TS sebesar 240 05 km dan algoritma GVNS-CW sebesar 238 99 km. Oleh karena itu pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi algoritma GVNS-CW dan algoritma Tabu Search lebih efektif pada rumusan algoritma GVNS-CW-TS yaitu dengan mengganti proses perturbasi dengan perbaikan algoritma Tabu Search.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/292169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |