Pengaruh gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK di SMKN 1 Pasuruan / Aldyla Putri Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK di SMKN 1 Pasuruan / Aldyla Putri Novitasari

Novitasari, Aldyla Putri (2017) Pengaruh gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X APK di SMKN 1 Pasuruan / Aldyla Putri Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novitasari Aldyla Putri. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas X APK di SMKN 1 Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Kata kunci gaya mengajar guru gaya belajar siswa hasil belajar Belajar merupakan suatu proses usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Gaya mengajar dan gaya belajar memegang peranan penting dalam hubungannya dengan hasil belajar. Gaya mengajar dan gaya belajar akan mempengaruhi seseorang dalam menyerap dan mengolah informasi sehingga akan mempengaruhi hasil belajar yang dicapai. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) kondisi gaya mengajar guru gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa. (2) pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa. (3) pengaruh gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena peneliti ingin menguji seberapa besar pengaruh gaya mengajar guru dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Populasi dari penelitian berjumlah 71 siswa dengan sampel 60 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya mengajar guru memiliki total rata-rata jawaban sebesar 3.38 dengan kreteria penilaian cukup dan gaya belajar siswa memiliki total rata-rata jawaban sebesar 3.16 dengan kreteria penilaian cukup sedangkan hasil belajar siswa sebanyak 49 siswa memperoleh nilai di atas KKM yang masuk kreteria penilaian baik. (2) gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. (3) gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Disarankan bagi guru harus lebih meningkatkan dan memperhatikan gaya mengajar dalam hal gaya mengajar pada saat pembelajaran dan hasil belajar yang bisa memberikan persepsi yang baik bagi siswa sehingga menimbulkan motivasi siswa yang bersungguh-sungguh dalam mencapai hasil belajar yang baik. ABSTRACT Novitasari Aldyla Putri. 2017. The Effect of Teacher s Teaching Style and Student Learning Styles against Student Learning Outcomes on Subjects Introduction to Administrative at Class X APK SMKN 1 Pasuruan. Essay Education Study Program of Office Administration Faculty of Economics Malang State University. Advisory Dr. Sopiah M.Pd. M.M. Keywords teacher s teaching style student learning styles learning outcomes Learning is a process conducted by a person attempt to acquire a new behavior changes as a whole as a result of his experience themselves in interaction with their environment. This style of teaching and learning styles play an important role in relation to learning outcomes. Teaching styles and learning styles will affect someone in absorbing and processing information that will affect learning outcomes are achieved. As for the purpose of the present study is determining (1) conditions of teachers teaching styles learning styles of students and student learning outcomes. (2) teacher s teaching style influence on student learning outcomes. (3) influence students learning styles to student learning outcomes. This study uses a quantitative approach because researchers wanted to test how much influence teachers teaching styles and learning styles of students to the student learning outcomes. This research is an explanatory research. The population of the study amounted to 71 students with a sample of 60 students. The sampling technique employed is Proportional Random Sampling. he data were collected using questionnaires and documentation. The data obtained were analyzed using multiple linear regression analysis using SPSS 17. The results showed that (1) Teacher teaching style has an average total of 3.38 answers with sufficient valuation criteria and student learning styles have an average total of 3.16 answers with sufficient valuation criteria while the results of student learning as many as 49 students get the value above the KKM that enter the good scoring criteria. (2) There is significant and positive effect of eacher s teaching style on student learning outcomes. (3) There is significant and positive effect of student learning styles on student learning outcomes. Suggested for the teachers should improve and consider the teaching style in terms of teaching styles at the time of learning and learning outcomes that can provide a good perception for students that lead to student motivation who seriously in achieving good learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29215

Actions (login required)

View Item View Item