Analisis iklan animasi khong guan versi ‘seboeah kenangan manis’ pada masa pandemi dengan pendekatan semiotika charles sanders peirce / Rohma Ajeng Arianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis iklan animasi khong guan versi ‘seboeah kenangan manis’ pada masa pandemi dengan pendekatan semiotika charles sanders peirce / Rohma Ajeng Arianti

Arianti, Rohma Ajeng Arianti (2023) Analisis iklan animasi khong guan versi ‘seboeah kenangan manis’ pada masa pandemi dengan pendekatan semiotika charles sanders peirce / Rohma Ajeng Arianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iklan Khong Guan versi Seboeah Kenangan Manis merupakan iklan berbasis animasi dua dimensi dengan cara penyampaian bergaya anime. Iklan ini pertama kali ditayangkan pada saat Pandemi Covid-19 di tahun 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pesan makna dan representasi budaya dalam iklan ini. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif analitik dengan mengadaptasi tahapan penelitian Creswell yang meliputi pemilihan topik dan rumusan masalah pengumpulan dan perekaman data analisis dan interpretasi data validasi data dan laporan. Pada tahap analisis penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Dari penelitian ini ditemukan bahwa iklan ini dua aspek penting yaitu konsep dan visual. Secara visual iklan ini menggunakan visual anime dengan memperkuat ambience warna pada latar untuk membangun suasana cerita dan penambahan aksen budaya Indonesia sebagai pelengkap identitas. Sementara secara konsep melalui penggambaran kegiatan masyarakat Indonesia pada saat Hari Raya Idul Fitri pada tahun 2020. Ditunjukkan adanya perubahan cara silaturahmi oleh masyarakat menggunakan media digital akibat pandemi. Sebagai pendukung suasana Hari Raya Idul Fitri biskuit kaleng merah Khong Guan digambarkan memiliki peran sebagai representasi perayaan Hari Raya solusi kesedihan dan penghubung antar generasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292110

Actions (login required)

View Item View Item