Pengembangan e-modul berbasis lectora dengan model guided inquiry pada kompetensi dasar mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMk Muhammdiyah 5 Kepanjen) / Hando - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul berbasis lectora dengan model guided inquiry pada kompetensi dasar mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMk Muhammdiyah 5 Kepanjen) / Hando

Santoso, Handoko Hadi (2017) Pengembangan e-modul berbasis lectora dengan model guided inquiry pada kompetensi dasar mengoperasikan microsoft power point untuk meningkatkan hasil belajar siswa (Studi pada siswa kelas X program keahlian administrasi perkantoran di SMk Muhammdiyah 5 Kepanjen) / Hando. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santoso H.H. 2017. Pengembangan E-modul Berbasis Lectora dengan Model Guide Inquiry Pada Kompetensi Dasar Mengoperasikan Microsoft Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Pengembangan E-modul Lectora Guided Inquiry Hasil Belajar Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan (1) untuk menghasilkan bahan ajar otomatisasi perkantoran yang berupa E-modul Otomatisasi Perkantoran pada materi mengoperasikan microsoft power point untuk siswa kelas X SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang telah melalui proses validasi sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar (2) untuk mengetahui kelayakan E-modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan E-modul terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan E-modul dan tidak menggunakan E-modul. Model Penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Model 4-D yang dikembangkan oleh Thiangarajan melalui tahap-tahap yaitu (1) pendefinisian (2) perancangan (3) pengembangan dan (4) penyebaran. Dari empat langkah model 4-D peneliti hanya menggunakan 3 langkah yaitu sampai tahap pengembangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian berupa hasil validasi ahli E-modul ahli materi dan uji coba kelompok kecil. Pada hasil validasi ahli E-modul diperoleh hasil sebesar 90 42% hasil validasi ahli materi sebesar 95 96% sedangkan untuk uji coba kelompok kecil sebesar 87 18% yang menyatakan E-modul sangat valid. Hasil dari post test siswa menunjukkan perbedaan yang menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol sebesar 80 63% sedangkan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82 49%. Berdasarkan perbandingan nilai post test tersebut menunjukkan bahwa E-modul berbasis Lectora dengan model guided inquiry yang dikembangkan oleh peneliti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29211

Actions (login required)

View Item View Item