Rifqi, Achmad Faishal (2017) Analisis penyebab kesulitan belajar siswa administrasi perkantoran dan pemasaran pada mata pelajaran pengantar akuntansi (studi pada siswa kelas X di SMK PGRI 6 Malang) / Achmad Faishal Rifqi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rifqi Achmad Faishal. 2017. Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi (Studi Pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 6 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M.Si Kata Kunci Analisis Kesulitan Belajar Pengantar Akuntansi Dalam kegiatan belajar disekolah terdapat berbagai kesulitan belajar yang dialami siswa. Kesulitan belajar itu bersumber dari dirinya sendiri pelajaran yang diterima guru teman-teman keluarga dan lain sebagainya.Tujuan penelitian di SMK PGRI 6 Malang adalah (1) apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang ditinjau dari faktor internal dan (2) apa yang menyebabkan kesulitan belajar siswa Administrasi Perkantoran dan Pemasaran di SMK PGRI 6 Malang ditinjau dari faktor eksternal. Sampel penelitian ini adalah 59 siswa yang diambil dari populasi kelas X Administrasi Perkantoran dan X kelas Pemasaran Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh. Adapun teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner dengan teknik skala likert dan dokumentasi .Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada mata pelajaran Pengantar Akuntansi jika ditinjau dari faktor internal yang meliputi faktor fisiologis sebesar 34 73% dan faktor psikologis sebesar 65 27%. Jika ditinjau dari faktor eksternal yang meliputi faktor keluarga sebesar 30 81% faktor sekolah sebesar 30 81% dan faktor lingkungan masyarakat 38 38% . Kesimpulan jika ditinjau dari faktor internal yang paling menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah faktor psikologis sedangkan jika ditinjau dari faktor eksternal yang menyebabkan kesulitan belajar siswa adalah faktor lingkungan masyarakat. saran untuk siswa agar tidak mengalami kesulitan belajar perbanyak bertanya kepada guru ketika pelajaran berlangsung. Atau bisa tanya kepada teman yang ahli di bidang Akuntansi dan orang tua atau siswa yang bersangkutan harus membatasi waktu bermain dengan lingkungan tetangga dan jam belajarnya agar siswa dapat terkondisi tidak mengalami kesulitan belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |