Pengaruh lingkungan keluarga dan budaya sekolah melalui efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Ely Rizky Amaliyah

Amaliyah, Ely Rizky (2017) Pengaruh lingkungan keluarga dan budaya sekolah melalui efikasi diri terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen / Ely Rizky Amaliyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Amaliyah, E. R. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Budaya Sekolah Melalui Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Prof. Dr. H. Heri Pratikto, M.Si. Kata kunci: lingkungan keluarga, budaya sekolah, efikasi diri, hasil belajar. Kesuksesan terselenggaranya pendidikan menuntut sekolah untuk menghasilkan peserta didik yang cerdas, inovatif, mandiri, kritis dan kompeten. Dengan demikian untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas dalam bentuk penguasaan keterampilan dan pengetahuan Siswa Menengah Kejuruan (SMK) tercermin dalam hasil belajar yang maksimal. Namun, terdapat beberapa masalah untuk mencapai hal tersebut seperti hasil belajar siswa kurang dari KKM dan terdapat juga beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal seperti efikasi diri dan faktor eksternal seperti lingkungan keluarga dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kondisi lingkungan keluarga, budaya sekolah, efikasi diri dan hasil belajar mata pelajaran produktif siswa; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap efikasi diri; (3) pengaruh budaya sekolah terhadap efikasi diri; (4) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar; (5) pengaruh budaya sekolah terhadap hasil belajar; (6) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar; (7) pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui efikasi diri; (8) pengaruh tidak langsung budaya sekolah terhadap hasil belajar melalui efikasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis deskriptif dan eksplanatori. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan keluarga dan budaya sekolah, variabel intervening adalah efikasi diri dan variabel terikat adalah hasil belajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling, sampel penelitian terdiri dari 114 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik dan analisis path. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan keluarga siswa baik, budaya sekolah sangat baik, efikasi diri siswa tergolong tinggi dan hasil belajar siswa termasuk kategori baik. Hasil analisis inferensial menunjukkan tidak terdapat gejala pada uji asumsi klasik. Hasil analisis path menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel lingkungan keluarga terhadap efikasi diri; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel budaya sekolah terhadap efikasi diri; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara variabel lingkungan keluarga terhadap hasil belajar; (4) tidak terdapat pengaruh langsung antara variabel budaya sekolah terhadap hasil belajar; (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung antara variabel efikasi diri terhadap hasil belajar; (6) terdapat pengaruh tidak langsung antara variabel lingkungan keluarga terhadap hasil belajar melalui efikasi diri siswa; (7) terdapat pengaruh tidak langsung antara variabel budaya sekolah terhadap hasil belajar melalui efikasi diri siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan: (1) kepada orang tua agar lebih memperhatikan proses belajar anak ketika di rumah dan menyempatkan waktu untuk menemani belajar; 2) sebaiknya kepala sekolah mempertimbangkan kembali budaya moving class (kelas berpindah) yang dirasa kurang efektif dalam pembelajaran, lebih menekankan keamanan sekolah baik diluar maupun di dalam dan memperhatikan kembali pengaturan jadwal acara sekolah agar tidak mengganggu aktivitas pembelajaran dan (3) sebaiknya siswa lebih meningkatkan kepercayaan diri akan kemampuannya terhadap mata pelajaran produktif yang dirasa sulit, serta berusaha untuk menyelesaikan tugas dengan kemampuannya sendiri tanpa meminta bantuan teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item View Item