Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK negeri 1 Pasuruan) / Titis Ainun Markhamah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK negeri 1 Pasuruan) / Titis Ainun Markhamah

Markhamah, Titis Ainun (2017) Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK negeri 1 Pasuruan) / Titis Ainun Markhamah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Markhamah Titis Ainun 2017. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E. M.M Ak. Kata Kunci modul Problem Based Learning peraturan perkawinan bagi pegawai hasil belajar peserta didik. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik supaya mampu menyesuaikan diri sebaik mungkin dengan lingkungannya. Berdasarkan observasi di SMK Negeri 1 Pasuruan dengan melakukan wawancara pada guru Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian pada Sabtu 29 Oktober 2016 didapatkan informasi bahwa belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) untuk menghasilkan modul pembelajaran Administrasi Kepegawaian Berbasis Problem Based Learning pada Kompetensi Dasar 3.11 Mengemukakan tentang peraturan perkawinan bagi pegawai SMK/MAK XII semester dua Program Studi Administrasi Perkantoran 2) untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran Administrasi Kepegawaian Problem Based Learning pada Kompetensi Dasar 3.11 Mengemukakan tentang peraturan perkawinan bagi pegawai yang telah dibuat melalui hasil validasi 3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam menggunakan modul pembelajaran Administrasi Kepegawaian Problem Based Learning pada Kompetensi Dasar 3.11 Mengemukakan tentang peraturan perkawinan bagi pegawai melalui uji coba pada kelompok besar. Rancangan penelitian ini merupakan modifikasi penelitian pengembangan dari Borg Gall yang telah disesuaikan dengan keterbatasan waktu dan biaya peneliti menjadi tujuh langkah penelitian. Validator dalam penelitian yaitu dosen program studi pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul dan guru Administrasi kepegawaian SMKN 1 Pasuruan sebagai ahli materi dan enam peserta didik kelas XII APK 1 sebagai uji coba kelompok terbatas atau kelompok kecil. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dan kualitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan wawancara tes kuisioner dan dokumentasi. Tes dilakukan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen untuk mengukur hasil belajar. Teknik pengumpulan data secara kuantitatif menggunakan kuisioner untuk mengukur kelayakan modul. Post test untuk mengukur presentase kenaikan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan cara dibandingkan antara sebelum dan setelah menggunakan modul. Hasil pengembangan dalam penelitian ini berupa Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran semester genap. Berdasarkan hasil validasi kelayakan modul oleh ahli materi ahli modul dan peserta didik pada aspek kelayakan isi kelayakan penyajian kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan dinyatakan bahwa modul hasil pengembangan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Modul hasil pengembangan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas untuk SMK kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran yang terlihat dari adanya perbandingan hasil belajar pada kelas kontrol tanpa menggunakan modul Administrasi Kepegawaian mengalami peningkatan sebanyak 4 13 (dengan nilai rata-rata sebelumnya 75 96 dan nilai rata-rata post test 80 09) sedangkan kenaikan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen yang menggunakan modul Administrasi Kepegawaian mengalami kenaikan sebesar 10 08 (dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan produk 73 11 dan rata-rata setelah menggunakan produk atau post test 83 19). Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa kelas eksperimen mengalami kenaikan hasil belajar yang lebih tinggi sebanyak 5 95 dibandingkan dengan kelas kontrol. ABSTRACT Markhamah Titis Ainun. 2017. The Development of Personnel Administration Module based on Problem Based Learning to Enhance Students Learning Outcome (Study of students of XII Grade of Office Administration at Public Voccational School 1 Pasuruan). Sarjana s thesis Department of Management Faculty of Economic Universitas Negeri Malang. Guide Lecturers Lulu Nurul Istanti S.E. M.M Ak. Key Words Modul Problem Based Learning Marriage Rule for employee students learning outcome. Education is a process to influence the learners in order they can adapt better to their environment. Based on observation in Public Voccational 1 of Pasuruan by interviewing to teacher of Personel Administration subject on Saturday October 29th2016 it was obtained information about have not been available learning materials adequate to the learners needs. The goals of the research and the development are 1) to produce Problem Based Learning Personnel Administration learning modulin Basic Competence 3.11 stated that marriage rule for employees of Public Voccational School XII in second semester of Study Program of Office Administration 2) to know the adequacy of learning modul of Problem Based Learning Personnel Administration in Basic Competence 3.11 stated that marriage rule for employees have been made by validation result 3) to know the learning outcome increase of controll class and experiment class in using learning modul of Problem Based Learning Personnel Administration in Basic Competence 3.11 stated that the marriage rule for employees by tests in large cluster. The research plan is a research and self improvement modification of Borg Gall which have been adequated to time and cost limitation of the author to be seven steps of research. Validator in the research namely lectures of educational study program of office administration of State University Malang as modul experts and teacher of Office Administration of Public VoccationalShool 1 Pasuruan as material experts and six learners of Class XII APK 1 as tryout for limited cluster of little cluster. The type of data used in the research are quantitative and qualitative data. Data gathering instrument used are interview test questionair and documentation.The test used for controll class and experiment class to measure learning outcome. The data gathering technic was quantitatively used questionair to measure moduladequacy. Post test to measure percentage of learning outcome increase of controll class and experiment class with manner compared before and and after used modul. The development outcome in the research is as well as Problem Based Learning Personnel Administration Modulfor students of Voccational School in Class XII of Expertise Program of Office Administration in Even Semester. Based on moduladeaquacy validation outcome by material expert modul expert and learners for the content adequacy aspect presenting adequacy languageadeaqucy grafical adequacy is stated that development outcome modul is valid and adequate is used in learning activity in the class. Modul for development outcome is effective used in learning activity in the class for Public Voccational School of Class XII of Office Administration expert program which was viewed from the existance of comparation of learning outcome in controll class without modul usage of Personnel Administration modul experienced increase as 4.13 (with averaged values before as 75.96 and averaged values of post test 80.09) meanwhile the increase of averaged values for experimental cluster used Office Administration modul experienced increase as 10.08 (with averaged values before used product 73.11 and averages after used product or post test 83.19). From the data it can be stated that the experimental class experienced the increase of learning outcome is higher as 5.95 compared to the controll class.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29206

Actions (login required)

View Item View Item