Proses knowledge creation tenaga pendidik di sekolah luar biasa river kids / Alina Ni\'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses knowledge creation tenaga pendidik di sekolah luar biasa river kids / Alina Ni\'mah

Ni'mah, Alina Ni'mah (2022) Proses knowledge creation tenaga pendidik di sekolah luar biasa river kids / Alina Ni\'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses knowledge creation pada tenaga pendidik di SLB River Kids dengan berdasar kepada model SECI (Socialization Externalization Combination dan Internalization) milik Nonaka dan Takeuchi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara observasi dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian dilakukan melalui 4 langkah yakni data collection data reduction data display dan conclusion drawing/verification dan menggunakan metode triangulasi sumber serta triangulasi teknik sebagai uji kredibilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses sosialisasi dapat diidentifikasi melalui adanya sharing tacit knowledge berbasis kegiatan observasi imitasi dan brainstorming yang menghasilkan budaya knowledge sharing. Proses eksternalisasi dilakukan dengan mendokumentasikan pegetahuan tacit dalam media tekstual dan digital yang dikelola oleh tim administrator. Proses kombinasi dapat dilihat dari penggabungan pengetahuan yang meliputi sumber pengetahuan internal dan eksternal perancangan program pembelajaran dan pemanfaatan teknologi sebagai wadah untuk mendesiminasikan pengetahuan. Proses internalisasi menghasilkan empat poin utama yaitu implementasi pengetahuan monitoring dan evaluasi pengetahuan baru aksesibilitas pengetahuan dan peningkatan pengetahuan personal pendidik dari pembentukan pengetahuan baru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292026

Actions (login required)

View Item View Item