Pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran pokok bahasan Mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkatoran di SMKN 1 Malang) / Irma Mastumasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran pokok bahasan Mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkatoran di SMKN 1 Malang) / Irma Mastumasari

Mastumasari, Irma (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis video untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran pokok bahasan Mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkatoran di SMKN 1 Malang) / Irma Mastumasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mastumasari Irma. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Pokok Bahasan Mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini M.Pd. Kata Kunci media pembelajaran video hasil belajar Microsoft Publisher 2010 Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah memberikan kontribusi terhadap terjadinya revolusi di berbagai bidang tak terkecuali pada bidang pendidikan. Pemanfaatan TIK pada bidang pendidikan bisa dilakukan dengan mengembangkan media pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran sebagai alternatif media pembelajaran yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri dan meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk berupa menghasilkan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran pokok bahasan mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran otomatisasi perkantoran pokok bahasan mengoperasikan Microsoft Publisher 2010 melalui hasil validasi ahli materi ahli media dan siswa (3) mengetahui efektivitas produk melalui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 langkah dalam pelaksanaan metode penelitian dan pengembangan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan produk (4) uji coba awal (validasi ahli) (5) revisi produk (6) uji coba lapangan (kelompok kecil) (7) revisi produk dan (8) uji coba lapangan (kelompok besar). Hasil angket validasi ahli materi memperoleh skor 100 00% ahli media memperoleh skor 85 00% dan uji coba kelompok kecil memperoleh skor 90 28% sehingga media dinyatakan sangat valid. Berdasarkan perhitungan uji t pada program SPSS dapat diketahui perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 80 39 dan 64 67 dengan signifikansi sebesar 0 000. Sehingga media pembelajaran dapat dikatakan efektif untuk digunakan pada proses pembelajaran. Oleh karena itu guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran disarankan untuk menggunakan media pembelajaran ini sebagai alternatif penunjang kegiatan pembelajaran. ABSTRACT Mastumasari Irma. 2017. Development of Media-Based Learning Video To Enhance Learning Outcomes Of Automation Administration Subjects Highlights Microsoft Office Publisher 2010 (Study of X Grade of Office Administration at Vocational High School State 1 Malang). Sarjana s Thesis Department of Educational Administration Department of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Supervisor Drs. Sarbini M.Pd. Key words Instructional Media Video Learning Outcomes Microsoft Publisher 2010 The development of Information and Communication Technology (ICT) has contributed to the revolution in various fields including in the field of education. The use of ICT in education can be done by developing media that can help improve the understanding of students to learn. Researchers develop media-based instructional videos on subjects Office Automation as an alternative media that can help students learn independently and improve student understanding. Purpose and development objectives research are (1) the products with generating media-based instructional videos on the subjects of office automation subject operate Microsoft Publisher 2010 (2) determine the feasibility of media-based instructional videos on the subjects of office automation subject operate Microsoft Publisher 2010 through validation results matter experts media specialists and students (3) determine the effectiveness of the product through the differences in learning outcomes of students experimental class and control. Research and development is carried out using a model Borg and Gall which has been modified into eight steps in the implementation of the methods of research and development namely (1) research and information gathering early (2) planning (3) product development (4) test early (validation expert) (5) product revision (6) the trial court (small groups) (7) the revision of the product and (8) field trials (large group). Results of the questionnaire validation expert material obtained a score of 100.00% media experts obtained a score of 85.00% and a small group trial obtained a score of 90.28% so that the media is expressed very valid. Based on t test calculations in SPSS it is known that a significant difference between the average student learning outcomes experimental class and control class namely 80.39 and 64.67 with a significance of 0.000. So that learning media can be said to be effective for use in the learning process. Therefore Office Automation subject teachers are advised to use this as an alternative medium of learning support learning activities.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29202

Actions (login required)

View Item View Item