Perilaku pencarian informasi mahasiswa di era new normal / Awani Fernia Octra Salsabila - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku pencarian informasi mahasiswa di era new normal / Awani Fernia Octra Salsabila

Salsabila, Awani Fernia Octra Salsabila (2023) Perilaku pencarian informasi mahasiswa di era new normal / Awani Fernia Octra Salsabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perilaku pencarian informasi merupakan suatu aktivitas individu atau kelompok dalam memenuhi kebutuhan informasi. Pada saat ini pemenuhan kebutuhan informasi tidak hanya berasal dari sumber informasi tercetak saja tapi bisa berasal dari informasi elektronik selain itu juga terjadi peningkatan penggunaan media digital semenjak terjadinya pandemi Covid ndash 19. Perubahan ndash perubahan karena keadaan dan tren dapat mengakibatkan perubahan perilaku pencarian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku pencarian informasi mahasiswa pada masa kini yaitu era New Normal. Hal tersebut ditinjau karena adanya efek setelah terjadinya wabah pandemi Covid ndash 19 yang membawa perubahan ndash perubahan di dalam berbagai bidang kehidupan terutama bidang pendidikan. Selain itu pada penelitian ini juga mendeskripsikan pola pencarian mahasiswa di masa New Normal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif data berupa teks deskriptif yang telah diolah dari hasil wawancara yang telah dilakukan. Sumber data berupa hasil wawancara mendalam dengan mahasiswa Universitas Negeri Malang program studi S1 Ilmu Perpustakaan angkatan 2019. Teknik pengumpulan data dilaksankan dengan cara wawancara mendalam dan dianalisis dengan cara mereduksi data menyajikan data dan penarikan kesimpulan. Model perilaku pencarian informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model perilaku pencarian informasi Ellis yang dikembangkan oleh Meho dan Tibbo (2003) terdiri 10 tahap pencarian informasi yaitu starting chaining browsing monitoring accessing differentiating extracting verifying networking information managing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa melakukan semua komponen pencarian informasi di era New Normal serta ditemukan perbedaan perilaku sebelum dan setelah pandemi Covid ndash 19. Mahasiswa juga mengalami kesulitan pada beberapa aktivitas pencarian informasi. Pola perilaku pencarian informasi mahasiswa pada era New Normal terdiri dari sembilan tahapan dan jarang melakukan tahapan monitoring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292005

Actions (login required)

View Item View Item