Ikawati, Erni (2017) Studi eksplorasi dalam proses pembelajaran mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (studi pada Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Erni Ikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ikawati Erni. 2017. StudiEksplorasi Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos M.Si Kata Kunci Studi Eksplorasi Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Mata Pelajaran Otomatisasi merupakan bagian dari mata pelajaran Kompetensi Kejuruan pada program keahlian Administrasi Perkantoran yang ada di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran memiliki tujuan untuk membekali siswa dalam menangani informasi mulai dari input hingga distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal. Namun kenyataanya peserta didik masih banyak yang acuh dalam mengikuti proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran di kelas dapat dilihat bahwa masih ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi. Kesulitan siswa muncul ketika siswa di suruh untuk mengerjakan latihan dari guru mereka terlihat kebingungan. Kesulitan siswa tersebut terjadi ketika guru sudah memberikan contoh tetapi siswa masih tetap tidak bisa. Sehingga hasil yang diperoleh masih dibawah standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran serta upaya-upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut di kelas X SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran dan siswa kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi wawancara dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan ada tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction ) penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusions drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan 1. Beberapa permasalahan-permasalahan dalam proses pembelajaran Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran. yaitu a. Siswa budaya minat membaca yang masih rendah pembelajaran yang masih berpusat pada guru. b. Guru belum optimalnya penggunaan waktu pembelajaran kecenderungan guru yang lebih menekankan pada aspek kognitif iklim kelas yang belum kondusif evaluasi yang belum sesuai dengan criteria penilaian c. Kurikulum belum mengembangkan materi pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan masih belum sesuai d. Sarana dan Prasarana ketersediaan perangkat pembelajaran yang kurang memadai e. Lingkungan lingkungan sekolah yang dekat dengan jalanraya dan perlintasan rel kereta api. 2. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu a.Siswa memberikan tugas dirumah untuk mencari materi selanjutnya meningkatkan rasa percaya diri siswa b. Guru memberikan latihan yang nyata secara kontinu kepada siswa dengan menekankan aspek psikomotor mengelola kelas dengan baik penilaian dengan menggunakan criteria-kriteria yang ditentukan c. Kurikulum mengembangkan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran d. Sarana dan Prasarana dengan pengecekan ulang pada setiap satu minggu sekali agar tidak mengganggu proses pembelajaran e. Lingkungan Karena letaknya keberadaan sekolah sulit untuk dirubah sehingga harus menyesuaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29200 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |