Pengembangan forum diskusi online dengan strategi belajar mandiri mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Teguh Arie Sandy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan forum diskusi online dengan strategi belajar mandiri mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Teguh Arie Sandy

Sandy, Teguh Arie (2012) Pengembangan forum diskusi online dengan strategi belajar mandiri mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang / Teguh Arie Sandy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Forum Diskusi Online Belajar Mandiri. Pemanfaatan forum diskusi online merupakan salah satu alternatif untuk mencari informasi yang semakin menjamur di dunia internet. konsep forum diskusi online merupakan salah satu sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang salah satu prinsipnya adalah prinsip kemandirian. Prinsip ini diwujudkan dengan adanya materi yang memungkinkan dapat dipelajari secara independent learning (Belajar Mandiri). Belajar mandiri juga cocok untuk semua tingkatan usia. Dengan kata lain belajar mandiri sesuai untuk semua jenjang pendidikan SD SMP SMA dan Universitas dalam rangka meningkatkan prestasi dan kemampuan pebelajar. Jurusan Teknologi Pendidikan (TEP) Fakultas Ilmu pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) sebagai salah satu jurusan yang mengedepankan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam menunjang pembelajaran ternyata belum mempunyai forum diskusi online. Berawal dari hal itu ada kepedulian untuk mengembangkan forum diskusi online untuk mahasiswa jurusan Teknologi Pendidikan. Tujuan dari pengembangan ini adalah (1) menghasilkan produk forum diskusi online (2) Membuat konsep belajar mandiri dengan menggunakan forum diskusi online (3) mengetahui validitas forum diskusi online dalam rangka peningkatan efektifitas belajar mandiri mahasiswa di Jurusan Teknologi Pendidikan. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE model ini terdiri dari lima tahap yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Sampel yang diambil adalah mahasiswa Jurusan TEP angkatan 2009. Sumber data yang digunakan dalam pengembangan ini menggunakan instrument antara lain angket (ahli media dan mahasiswa). Teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis data angket interpretasi data dengan kriteria tingkat validitas. Forum diskusi ini ini juga telah diperbaiki dari produk awal sebelum menjadi produk adapun beberapa perbaikan yang dilakukan yaitu (1) membuat form validasi mahasiswa TEP (2) terdapat menu khusus bagi mahasiswa TEP (Pojok Dosen dan Asisten dan IMATEPSI) (3) Navigasi dan pengelolaan menu (4) perbaikan komposisi tata letak/ layout. Hasil pengembangan forum diskusi online adalah sebagai berikut (1) validasi ahli media sebesar 87 5% (2) validasi mahasiswa dalam uji coba lapangan sebesar 81 7%. Sehingga dapat diinterpretasikan bahwa forum diskusi online yang dikembangkan termasuk dalam kualifikasi Valid untuk digunakan sebagai alternatif pembelajaran dalam belajar mandiri mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item