Register kuliner dalam konten kuliner pada media sosial / Dihan Nabila Rihadatul Aisy - Repositori Universitas Negeri Malang

Register kuliner dalam konten kuliner pada media sosial / Dihan Nabila Rihadatul Aisy

Aisy, Dihan Nabila Rihadatul Aisy (2023) Register kuliner dalam konten kuliner pada media sosial / Dihan Nabila Rihadatul Aisy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisy D. N. R. 2023. Register Kuliner dalam Konten Kuliner pada Media Sosial. Skripsi Departemen Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Ary Fawzi S.Pd. M.Pd. Kata Kunci register kuliner media sosial Register merupakan variasi bahasa atau istilah berdasarkan bidang penggunaan. Register dapat berfungsi sebagai penunjuk suatu pekerjaan serta sifat dari suatu pekerjaan. Register timbul karena adanya kelompok sosial tertentu. Bahasa selalu mengalami perkembangan yang tidak menutup kemungkinan dengan adanya kelompok sosial tersebut register dari berbagai macam bidang dapat tercipta. Register kuliner merupakan istilah yang digunakan dalam bidang kuliner. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kata pada register kuliner ruang lingkup kuliner serta makna register kuliner. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif digunakan karena peneliti bermaksud untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan bentuk kata dan makna pada register kuliner. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik simak bebas cakap dan teknik catat. Prosedur analisis data pada penelitian ini melalui empat tahapan yaitu proses identifikasi data klasifikasi data penyajian data dan yang terakhir adalah konklusi atau pemberian kesimpulan. Data yang ditemukan berupa kata dan frasa. Sumber data dalam penelitian ini adalah kanal YouTube ldquo Master Chef Indonesia rdquo dan ldquo Tasyi Athasyia rdquo . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima jenis bentuk kata pada register kuliner yaitu (1) bentuk asal (2) afiksasi (3) reduplikasi (4) komposisi dan (5) abreviasi. Pada bidang kuliner terdapat empat rung lingkup yang meliputi pemilihan bahan pengolahan bahasan penyajian serta penikmatan. Makna pada register kuliner berdasarkan bentuk kata dapat berupa makna referensial dan non referensial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291992

Actions (login required)

View Item View Item