Pengaruh gaya belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Rohmatul Ula Akmala - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Rohmatul Ula Akmala

Akmala, Rohmatul Ula (2017) Pengaruh gaya belajar dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Rohmatul Ula Akmala. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Akmala Rohmatul Ula. 2017. Pengaruh Gaya Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos. M.Si. Kata kunci Gaya Belajar Fasilitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Gaya belajar merupakan cara yang dipakai seseorang untuk menangkap mengatur serta mengolah informasi yang diterima dalam proses belajar. Gaya belajar terdiri dari gaya belajar visual auditorial dan kinestetik. Fasilitas belajar adalah segala sesuatu yang dapat menunjang kelancaran proses belajar siswa di sekolah. Siswa tentu dapat belajar dengan baik dan menyenangkan bila bisa menemukan gaya belajar mereka dan sekolah dapat memenuhi segala kebutuhan belajar siswa sehingga bisa mendapatkan hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan bagaimana gaya belajar dan fasilitas belajar serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X di Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2a)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2b)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2c)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3)mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel 37 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasional. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut. (1)Siswa kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen mayoritas memiliki gaya belajar visual. Gaya belajar visual auditorial dan kinestetik siswa cukup baik mendapatkan fasilitas belajar yang baik dan memiliki rata-rata hasil belajar mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran yang baik. (2a)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2b)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2c)Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran kelas X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. ABSTRACT Akmala Rohmatul Ula. 2017. The Influence of Learning Style and Learning Facility on Learning Outcomes Of Office Automation ( Study in X Grade of Students Of Office Administration Program At SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Sarjana thesis Study Program S-1 Educational Administration Major of Management Faculty of Economics Universitas Negeri Malang. Supervisor Dra. Hj. Wasiti S. Sos. M.Si. Keywords Learning Styles Learning Facilities and Student Outcomes Learning style is the way in which one to capture organize and process information received in the learning process. Learning style learning style consists of visual auditory and kinesthetic. The learning facilities are all things that can support the learning process of students in the school. Students would be able to learn and enjoyable when you can find their learning style and the school can meet all students needs so they can get optimal learning results. This study aims to (1) describe how learning style and learning facility and learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2a) determine whether a significant difference between visual learning style on learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2b) determine whether there is a significant effect between auditory learning style on learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2c) determine whether a significant difference between kinesthetic learning style on learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) determine whether a significant difference between learning facility on learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. This study uses a quantitative approach and descriptive correlational research type. The population in this study were all students of class X APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen academic year 2016/2017 with a sample of 37 students. Data collection techniques using questionnaires documentation and observation. Data were analyzed using descriptive analysis and correlational analysis. Based on the results of data analysis can be summarized as follows. (1) X Grade APK SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen majority have a visual learning style. Learning styles visual auditory and kinesthetic students quite well getting a good learning facilities and has an average of learning outcomes eye Office Automation good lesson. (2a) There is significant relationship between visual learning style of the student learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2b) There is significant relationship between auditory learning styles to student learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (2c) There is significant relationship between kinesthetic learning style of the student learning outcomes of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. (3) There is significant relationship between learning facility to the learning outcomes of students of Office Automation in X grade of students of office administration program at SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29199

Actions (login required)

View Item View Item