Tindak tutur dalam wacana siniar (podcast) raditya dika episode dasar-dasar mitologi yunani / Fandy Rahmaditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Tindak tutur dalam wacana siniar (podcast) raditya dika episode dasar-dasar mitologi yunani / Fandy Rahmaditya

Rahmaditya, Fandy Rahmaditya (2023) Tindak tutur dalam wacana siniar (podcast) raditya dika episode dasar-dasar mitologi yunani / Fandy Rahmaditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memberikan deskripsi tentang jenis tindak tutur dan fungsi tindak tutur melalui analisis tuturan dalam PORD (podcast of Raditya Dika). Penelitian ini berfokus pada aspek ilmu pragmatik dan teori tindak tutur sebagai alat untuk menganalisis data. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah siaran siniar PORD (podcast of Raditya Dika) yang tersedia di platform Spotify dengan judul Dasar-Dasar Mitologi Yunani (bagian satu) . Data diunduh dari siaran podcast tersebut kemudian ditranskrip menjadi bentuk tulisan. Prosedur pengumpulan data melibatkan mengunduh rekaman asli PORD menyerap isi pembicaraan dari pembawa acara dan bintang tamu serta mengidentifikasi makna dan konteks dalam setiap percakapan. Hasil penelitian menemukan 235 data tuturan dalam PORD yang dapat dibagi menjadi 10 kategori jenis dan fungsi yaitu jenis tindak tutur direktif jenis tindak tutur ekspresif jenis tindak tutur komisif jenis tindak tutur representatif jenis tindak tutur deklarasi serta fungsi menyatakan menanyakan mengkritik memerintah dan meminta maaf.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291980

Actions (login required)

View Item View Item