Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam upaya membantu mengurangi sindrom fear of missing out / Adhi Ilham Nugrayana - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam upaya membantu mengurangi sindrom fear of missing out / Adhi Ilham Nugrayana

Nugrayana, Adhi Ilham Nugrayana (2023) Keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam upaya membantu mengurangi sindrom fear of missing out / Adhi Ilham Nugrayana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian di dasari dengan adanya permasalahan sindrom Fear of Missing Out yang merupakan fenomena penggunaan gadget masyarakat yang semakin banyak dan mudah untuk mengakses informasi maupun trend. Definisi tersebut berkaitan erat dengan adanya teknologi informasi yang semakin maju. Hal ini didukung dengan informasi dari APPJI tentang penggunaan penetrasi internet yang begitu tinggi terutama dalam kalangan remaja yang sedang menjadi peserta didik di sekolah. Bersamaan dengan itu peserta didik merupakan individu yang memiliki kematangan emosional dan kognitif yang kurang stabil maka dari itu perlu adanya bimbingan dengan teknik problem solving yang diberikan kepada peserta didik agar terdapat upaya mengembangkan kematangan emosional dan kognitif agar terhindar dari sindrom Fear of Missing Out. Hal ini menjadi sebuah tantangan bagi peneliti untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam upaya membantu mengurangi sindrom Fear of Missing Out.. Adapun jenis penelitian yang digunakan yakni jenis penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental dalam bentuk one-grup pretest ndash posttest design. Sampel yang diambil yaitu 8 orang siswa kelas 11 APL 2 dengan ketentuan siswa yang sering bermain gadget dan selanjutnya dilakukan secara acak/random sampling. Tingkat Fear of Missing Out siswa dapat ditentukan dari hasil pretest dan posttest. Adapun pembuktian yakni dengan analisis Uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil Uji Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan jika nilai Z -2 527 dan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0 012 yang artinya H0 ditolak sehingga H1 diterima maka disimpulkan jika bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif dalam upaya membantu mengurangi sindrom Fear of Missing Out. Adapun penelitian yang telah dilaksanakan (1) Dapat menjadi sebuah referensi bagi konselor/Guru BK disekolah dalam memberikan layanan yang lebih komprehensif sesuai SKKPD kepada peserta didik agar tidak hanya permasalahan belajar ataupun karier saja namun bisa memberikan layanan lain sebagai upaya kuratif seperti halnya permasalahan psikologis peserta didik di masa remaja yang sekarang banyak dialami karena perkembangan teknologi yang semakin maju. (2) Selain itu bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih banyak lagi dalam membuat butir instrumen yang digunakan agar pernyataan mengenai sindrom Fear of Missing Out lebih variatif lagi bagi peserta didik. (3) Akan lebih baik kembali apabila dalam penelitian selanjutnya menggunakan kelompok kontrol untuk perbandingan peserta didik yang mengalami treatment dan juga yang tidak mengalami treatment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291964

Actions (login required)

View Item View Item