Hubungan antara kematangan emosi dan perilaku konsumtif pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang / Inefitria Amalia Asyrakal - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kematangan emosi dan perilaku konsumtif pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang / Inefitria Amalia Asyrakal

Asyrakal, Inefitria Amalia Asyrakal (2023) Hubungan antara kematangan emosi dan perilaku konsumtif pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri malang / Inefitria Amalia Asyrakal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Asyrakal Inefitria Amalia. 2023. Hubungan Kematangan Emosi dan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Skripsi Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Elia Flurentin M. Pd. (2) Rizka Apriani S.Pd. M. Pd. Kata kunci Kematangan emosi perilaku konsumtif mahasiswa Mahasiswa adalah individu yang sedang mengalami masa transisi dari masa remaja dimana pada masa ini seseorang mudah tergoda oleh sesuatu yang menyenangkan dan menarik. Sehingga menimbulkan perilaku konsumtif dalam dirinya. Perilaku konsumtif muncul karena adanya keinginan membeli barang untuk kepuasaan pribadi. Perilaku konsumtif pada mahasiswa disebabkan oleh berbagai macam faktor salah satunya faktor dalam diri yaitu kematangan emosi. Kematangan emosi adalah kondisi seseorang mencapai kestabilan emosinya. Beberapa penelitian terdahulu menyatakan adanya hubungan antara kematangan emosi dan perilaku konsumtif. Namun ada penelitian yang menyatakan perilaku konsumtif tidak disebabkan oleh kematangan emosi melainkan oleh faktor lain. Berdasarkan penelitian terdahulu maka dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui kematangan emosi pada mahasiswa perilaku konsumtif pada mahasiswa dan hubungan kematangan emosi dan perilaku konsumtif pada mahasiswa. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif korelasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang jenjang S1 dengan angkatan 2019 2020 2021 yang berjumlah 2776 orang dengan total sampel berjumlah 278 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling menggunakan teknik dari Arikunto yaitu sebesar 10% jika populasi lebih dari 100. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala kematangan emosi dengan hasil uji validitas dan reliabilitas yang memiliki koefisien sebesar 0 804 dan skala perilaku konsumtif dengan hasil uji validitas dan reliabilitas yang memiliki koefisien sebesar 0 824. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik berupa uji prasyarat dan uji korelasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah (1) kematangan emosi mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada klasifikasi sedang yaitu sebesar 51% (2) perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang berada pada klasifikasi sedang yaitu sebesar 59% (3) tidak terdapat hubungan signifikan antara kematangan emosi dan perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi (sig.) yaitu 0 399 gt 0 05. Saran yang diberikan untuk konselor kampus yaitu memberikan layanan bidang pribadi sehingga dapat membantu mahasiswa dalam meminimalisir perilaku konsumtif. Selain itu saran untuk peneliti selanjutnya yaitu melakukan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumtif dan mencari faktor lain yang berhubungan dengan perilaku konsumtif secara signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291958

Actions (login required)

View Item View Item