Pengembangan e-modul mata pelajaran administrasi keuangan berbasis flip book maker dengan model guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Rangga Buana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul mata pelajaran administrasi keuangan berbasis flip book maker dengan model guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Rangga Buana

Buana, Rangga (2017) Pengembangan e-modul mata pelajaran administrasi keuangan berbasis flip book maker dengan model guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Rangga Buana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Buana Rangga. 2017. Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Berbasis Flip Book Maker Dengan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci E-Modul flip book maker Guided Inquiry Hasil Belajar Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan e-modul mata pelajaran Administrasi Keuangan berbasis Flip Book Maker dengan model Guided Inquiry untuk siswa SMK Negeri 1 Turen kelas XI APK Semester Genap (2) mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat melalui proses uji validasi (3) mengetahui perbedaan hasil belajar melalui proses membandingkan hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan modul dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model Borg Gall. Untuk mengetahui kelayakan e-modul yang dibuat peneliti menggunakan angket ahli materi angket ahli media angket respon siswa dan tes pada uji coba produk. Hasil validasi materi menunjukan hasil sebesar 96 87 % ahli media sebesar 87 5% dan 97 72 % respon siswa sebesar 85 11 %. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul yang dihasilkan dalam kategori sangat valid / layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Ditinjau dari perbandingan rata-rata kenaikan hasil belajar dari segi kognitif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan kriteria efektifitas penggunaan e-modul dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran yang dihasilkan terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. ABSTRACT Buana Rangga. 2017. The Development of Flip Book Maker E-Modul based on Financial Administration Subject using Guided Inquiry Model to Enhance Students Learning Outcome (Study of XI Grade of Office Administration of Public Vocational School 1 of Turen). Sarjana s thesis Department of Management Faculty of Economic Universitas Negeri Malang. Supervisor Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M. Key Words E-Modul flip book maker Guided Inquiry Learning outcome. The research is aimed 1) to make e-modul for Flip Book Maker based Financial Administration subject with Guided Inquiry model for students of Public Voccational School 1 in Turen particularly for Class XI APK in Even Semester (2) to know the feasibility of e-modul made by validation test process (3) to know balance Learning Outcome by comparation process learning outcome between experimental class students who used modul to students of controlling class who didn t use modul.The development model plan used in the research was adapted from Borg Gall model. To know the feasibility of e-modul made the author used questionaire from material experts questionaire of media experts questionaire of students responses and tests on products test. The results of material validation showed the result as 96.87% media expert as 87.5% and 97.72% the students responses as 85.11. Based on the data obtained from the results of validation it can be concluded that e-modul resulted in highly valid category / feasible to use as learning medium. If it was viewed from comparation of averages of learning outcome increases from cognitive and psychomotoric experimental class is more advantageous compared to control class. Based on the effectivity criterion of e-modul usage it can be concluded that e-modul for learning resulted is proven effectively to improve the students learning outcome and is included in very high category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29195

Actions (login required)

View Item View Item